Analisis Efisiensi APBD Kota Solok tahun 2013-2015 dengan pendekatan Efisiensi Pareto (studi kasus pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Solok)

Amelia, Amelia (2016) Analisis Efisiensi APBD Kota Solok tahun 2013-2015 dengan pendekatan Efisiensi Pareto (studi kasus pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Solok). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK pdf.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I pdf.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 pdf.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS EFISIENSI ALOKASI APBD KOTA SOLOK TAHUN 2013-2015 DENGAN PENDEKATAN EFISIENSI PARETO (STUDI KASUS PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KOTA SOLOK) Oleh Amelia Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Pemerintah Kota Solok telah melakukan peningkatan kondisi pareto (pareto improvement) atas anggaran kegiatan Dinas Pekerjaan Umum Kota Solok selama tahun 2013-2015. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif menggunakan pendekatan pareto yang menganalisis dokumen-dokumen perubahan APBD dan dokumen laporan keuangan yang ada pada Dinas Pekerjaan Umum. Sedangkan hasil penelitian kualitatif diperoleh dari hasil analisis data yang dilanjutkan dengan wawancara kepada beberapa informan yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Solok dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum tidak melakukan pareto improvement terhadap anggaran kegiatan pada Dinas Pekerjaan Umum selama tahun 2013 sampai dengan 2015. Hal ini dibuktikan oleh penurunan efisiensi dengan persentase jumlah kegiatan sebesar 48,21% dan jumlah anggaran sebesar 61,77%. Untuk itu, dalam penganggaran selanjutnya Pemerintah Daerah harus melakukan perencanaan yang matang dengan memperhatikan SOP agar hal-hal yang menyebabkan terjadinya penurunan efisiensi pada tahun 2013 sampai 2015, tidak akan terjadi pada tahun-tahun berikutnya. Kata kunci : Efisiensi alokasi APBD, pendekatan efisiensi pareto.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 01 Nov 2016 04:44
Last Modified: 01 Nov 2016 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18817

Actions (login required)

View Item View Item