ANALISIS PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN (Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2010-2015)

Nafrizal, Nafrizal (2016) ANALISIS PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN (Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2010-2015). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan hutang merupakan kebijakan keputusan pendanaan dimana manajemen perusahaan memperoleh pendanaan untuk membiayai aktifitas operasional. Keputusan pendanaan bertujuan untuk mengukur sejauh mana perusahaan menggunakan hutangnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan yang terdiri atas kepemilikan institusional, free cash flow, pertumbuhan, profitabilitas, inflasi dan suku bunga terhadap kebijakan hutang di sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode tahun 2010-2015. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) berdasarkan pengklasifikasian Indonesian Capital Market Directory (ICMD) periode 2010-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purpose sampling, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model regresi penelitian tidak terdapat gejala multikolinearitas, heteroskesdastisitas, dan autokorelasi serta data yang digunakan berdistribusi normal. Secara parsial, penelitian menunjukkan hasil bahwa terdapat 3 variabel yaitu kepemilikan institusional, pertumbuhan dan profitabiltas berpengaruh secara signifikan terhadap kebijakan hutang, sedangkan tiga variabel independen lainnya yaitu free cash flow, inflasi dan suku bunga menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap kebijakan hutang dan secara simultan (bersama), penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kepemilikan institusional, free cash flow, pertumbuhan, profitabilitas, inflasi dan suku bunga memiliki pengaruh terhadap kebijakan hutang perusahaan dengan R square sebesar 0,446 atau 44,6% variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Kata kunci: kepemilikan institusional, free cash flow, pertumbuhan, profitabilitas, inflasi, suku bunga dan kebijakan hutang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 01 Nov 2016 05:44
Last Modified: 01 Nov 2016 05:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18487

Actions (login required)

View Item View Item