A Pragmatic analysis of person deixis as found in the Maybelline cosmetic product advertisement.

husnil, chatimah (2016) A Pragmatic analysis of person deixis as found in the Maybelline cosmetic product advertisement. Diploma thesis, Universitas Andals.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
Abstract.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
CHAPTER 4.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
combinepdf(2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan kajian tentang deiksis persona dalam iklan kosmetik Maybelline. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui acuan tipe deiksis persona yang digunakan dalam iklan produk kosmetik Maybelline. Data diambil dari www.google.com. Dalam proses penelitian, penulia menerapkan metode penelitian yang digagas oleh Sudaryanto (1993), yaitu pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik rekam. Penggunanaan persona deiksis dalam iklan kosmetik dianalisis dengan menggunakan metode padan pragmatic. Teori yang digunakan yaitu teori persona deiksis oleh Levinson (1983), teori referensi pragmatic oleh Thomas (1995), dan kombinasi konteks oleh Leech (1983) and Yule (1996). Dalam penyajian hasil analisis, data dipresentasikan secara deskriptif. Dari analisis 15 data, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua tipe deiksis persona yang ditemukan dalam iklan produk kosmetik Maybelline, yaitu deiksis persona orang pertama dan deiksis pesona orang kedua. Deiksis prsona orang pertama berupa I, me,dan our, sementara deiksis persona orang kedua berupa you, and your. Selain itu ditemukan juga bahwa tipe deiksis persona yang sering digunakan adalah deksis persona orang pertama. Referensi pragmatik deiksis persona orang pertama mangacu pada wanita atau model di dalam iklan sementara referensi pragmatic deiksis persona orang kedua mengacu pada wanita yang melihat ilan tersebut dan konsumen yang menggunakan produk. Kata Kunci : Deiksis, Deiksis Persona, Referensi Pragmatik, Iklan, Kosmetik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:59
Last Modified: 28 Oct 2016 02:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18440

Actions (login required)

View Item View Item