PENGUJIAN MINYAK KELAPA DAN KELAPA SAWIT SEBAGAI LUBRICANT TERHADAP KEAUSAN PADA BALL BEARING TIPE SELF ALIGNING BALL BEARING

Andre, Yulanda Miswar (2016) PENGUJIAN MINYAK KELAPA DAN KELAPA SAWIT SEBAGAI LUBRICANT TERHADAP KEAUSAN PADA BALL BEARING TIPE SELF ALIGNING BALL BEARING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
6. ABSTRAK-1.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
11. BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
15. BAB V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
16. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA FULL Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Bearing merupakan element mesin yang sering digunakan, tidak hanya pada bidang automotive, namun juga dimanfaatkan dibidang rumah tangga dan industri. Bearing pada dasarnya dimanfaatkan sebagai bantalan pada gerak rotasi, sehingga dengan menggunakan bearing gerak rotasi akan lancar. Namun bearing juga memiliki beberapa bagian yang saling bergesekan yaitu inner race, outer race, dan steel ball yang megalami gesekan pada kedua bagian ring-nya. Untuk mengurangi gesekan antara komponen bearing tersebut (inner race, outer race, dan steel ball) dan menjaga umur bearing bertahan lama digunakan pelumas. Sehingga ketika bearing diberikan pembebanan, gesekan yang terjadi antar komponen bearing dapat dikurangi dan volume keausan yang terjadi pada inner race dan outer race akan kecil. Pelumas yang biasa digunakan pada bearing yaitu minyak pelumas dengan metoda circulating oil, dan grease yang dioles merata pada bagian inner race dan outer race bearing. Pada saat ini, pelumas yang banyak digunakan adalah pelumas sintetik yang cukup berbahaya bagi lingkungan karena sulit terurai oleh lingkungan sehingga merusak lingkungan, dan bersifat racun serta ketersediaannya yang terbatas. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan uji keausan terhadap bearing yang diberikan beban radial 300 N dengan kecepatan 2840 rpm dalam selang waktu enam jam dengan pelumas dari jenis vegetable oil, yaitu minyak hasil olahan kelapa diantaranya VCO, minyak tanak, kopra, dan kelapa sawit kemudian dibandingkan dengan pelumasan dari jenis synthetic grease konvensional. Disamping tidak berbahaya bagi lingkungan, kelapa dan kelapa sawit juga mudah diperbarui dilihat dari potensi Sumatera Barat yang memiliki sumber kelapa dan kelapa sawit yang berlimpah. Hasil uji keausan yang didapatkan menunjukan bahwa kerusakan komponen bearing yang terbesar yaitu pada bearing yang dilumasi dengan synthetic grease dibandingkan dengan vegetable oil, karena grease tidak memiliki sifat mampu alir dan kandungan fatty acid seperti yang dimiliki oleh pelumas jenis vegetable oil. Mekanisme keausan yang terjadi yaitu surface fatigue wear pada outer race dan adhesive wear pada inner race untuk pelumasan synthetic grease. Sedangkan untuk jenis vegetable oil, bagian outer race dan inner race mengalami abrasive wear. Dari pengujian ini juga didapatkan bahwa, mampu wear dari vegetable oil yang baik yaitu minyak kelapa jenis VCO. Key word : Bearing, Keausan, Mekanisme keausan, Vegetable oil, VCO, Minyak tanak, Kopra, Minyak sawit, Synthetic grease.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 27 Oct 2016 02:57
Last Modified: 27 Oct 2016 02:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18107

Actions (login required)

View Item View Item