Regulasi Konflik di dalam Rumah Kost Mahasiswa Studi Pada Kost-Kostan di Kelurahan Cupak Tangah Kecamatan Pauh Kota Padang

Fandy, Van Houten (2016) Regulasi Konflik di dalam Rumah Kost Mahasiswa Studi Pada Kost-Kostan di Kelurahan Cupak Tangah Kecamatan Pauh Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

ABSTRAK Fandy Van Houten 1210812011. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang. Judul Skripsi : Regulasi Konflik di dalam Rumah Kost Mahasiswa Studi Kasus di Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Jumlah Halaman 82 lembar. Pembimbing I Prof. Dr. Afrizal, MA, Pembimbing II Zuldesni, S.Sos, MA. Dalam rumah kost terdapat banyak mahasiswa yang tinggal di dalamnya. Mereka memiliki perbedaan antara satu dan lainnya, perbedaan tersebut seperti kampung halamanyang berbeda, jurusan yang berbeda, hobi yang berbeda, perekonomian yang berbeda, dll. Banyaknya perbedaan individu yang terdapat di suatu tempat membuat gesekan kepentingan lebih sering terjadi, sehingga konflik pun berpotensi terjadi di rumah kost. Agar hak dan kewajiban orang yang tinggal dalam rumah kost tetap terjaga, penghuni kost dan pemilik kost bersama-sama membuat aturan dan sanksi. Namun dalam penerapannya, aturan yang dibuat tidak sesuai dengan harapan yang membuatnya. Oleh karena itu permasalahan yang diangkat yaitu bagaimana regulasi konflik yang ada di dalam rumah kost di Kelurahan Cupak Tangah. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan bentuk-bentuk konflik yang terjadi di rumah kost dan mendeskripsikan regulasi konflik yang diterapkan dalam rumah kost mahasiswa di Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, berguna untuk memberi gambaran terperinci dari realitas penelitian yang dilakukan dengan purposive sampling (secara sengaja). Untuk melihat masalah ini peneliti menggunakan Teori Regulasi Konflik Ralf Dahrendorf yang menjelaskan bahwa regulasi konflik dapat mempengaruhi tinggi rendahnya eskalasi konflik yang terjadi. Dalam rumah kost, terdapat penanggulangan masalah-masalah yang terjadi, namun dalam penanganan masalah yang ada, terdapat regulasi yang berhasil membuat suasana rumah kost lebih baik dan ada yang menjadi lebih buruk. Dari hasil penelitian yang dilakukan, eskalasi konflik dalam rumah kost ada yang naik dan ada yang turun. Dari adanya konflik yang terjadi, ada yang membuat hubungan sesama penghuni kost tidak saling peduli, ada yang saling sindir, adu mulut, hingga pindah rumah kost. Tinggi rendahnya eskalasi konflik yang terjadi, ditentukan oleh baik buruknya regulasi konflik yang diterapkan dalam rumah kost. Dalam penerapan regulasi, rumah kost yang langsung diawasi oleh pemiliknya menerapkan regulasinya lebih konsisten dibandingkan dengan rumah kost yang regulasinya hanya dibuat oleh penghuni kost saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:18
Last Modified: 24 Oct 2016 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17636

Actions (login required)

View Item View Item