FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI PEMILIH DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH DAN WAKIL KEPALA DAERAH KOTA PADANG TAHUN 2008 (Studi Kasus: Pada Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara)

Veri, Marzul (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI PEMILIH DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH DAN WAKIL KEPALA DAERAH KOTA PADANG TAHUN 2008 (Studi Kasus: Pada Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
Tesis utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Pemilih dalam Pemilu Kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Padang Tahun 2008 (Studi Kasus: Pada Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara) Oleh: Marzul Veri (Di bawah bimbingan Prof.DR.Afrizal, MA dan Drs.Bakaruddin RA, MS) RINGKASAN Salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam sistem demokrasi adalah Pemilihan Umum. Demokratisasi di tingkat lokal akan mengacu pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara langsung. Pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah dilaksanakan oleh provinsi, kota dan kabupaten. Kota Padang merupakan salah satu kota di Prov. Sumbar yang melaksanakan Pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah, adapun tingkat partisipasi pemberian suara pada Pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah relatif rendah (57.15%), kemudian kecamatan yang paling rendah pemberian suaranya adalah Kec. Padang Utara (46.9%) dan dari seluruh kelurahan di kecamatan tersebut yang paling rendah persentase pemberian suaranya adalah Kelurahan Air Tawar Barat (40.0%). Kondisi tersebut terkait dengan kesadaran politik, situasi sewaktu hari pemungutan suara, tidak memilih secara sadar. Penelitian ini mengkaji tentang Faktor-faktor yang berhubungan dengan Partisipasi Pemilih pada Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Padang Tahun 2008. Penelitian ini menggunakan teori partisipasi politik kemudian variabel kesadaran politik; situasi pada hari pemungutan suara dan tidak memilih secara sadar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survai dan menggunakan kuisioner juga wawancara dengan responden untuk mengumpulkan data. Unit analisis data adalah individu yang tidak menggunakan hak pilih dalam Pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah Kota Padang tahun 2008 dengan uji hipotesis menggunakan uji regresi dan uji korelasi product moment yang disajikan dengan data statistik. Dari penelitian ini diketahui bahwa hasil uji regresi variabel X1 (kesadaran politik), X2 (situasi pada hari pemungutan suara) dan X3 (tidaak memilih secara sadar) adalah 0.00 < 0.05 artinya hubungannya dengan variabel Y adalah signifikan. Sementara hasil uji F terhadap X1, X2 dan X3 adalah nilai uji F hitung setiap variabel > F tabel sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya pada uji korelasi product moment hasil koefisien nilai ryx1 adalah 0.530 (cukup); nilai ryx2 adalah 0.737 (kuat) dan ryx3 adalah 0.610 (kuat). Ketiga variabel tersebut mempunyai hubungan dengan partisipasi pemilih dalam Pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah Kota Padang Tahun 2008. Kata Kunci: Partisipasi pemilih dalam Pemilu Kada, kesadaran politik, situasi pada hari pemungutan suara, tidak memilih secara sadar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 politik lokal
Date Deposited: 06 Oct 2016 06:41
Last Modified: 06 Oct 2016 06:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17244

Actions (login required)

View Item View Item