ANALISA EFEK INTEGRASI PHOTOVOLTAIC TERHADAP KUALITAS ENERGI LISTRIK PADA JARINGAN DISTRIBUSI 20KV DI UNIVERSITAS ANDALAS

Royan, Miftahul Huda (2016) ANALISA EFEK INTEGRASI PHOTOVOLTAIC TERHADAP KUALITAS ENERGI LISTRIK PADA JARINGAN DISTRIBUSI 20KV DI UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Universitas Andalas sebagai institusi pendidikan tinggi dituntut memiliki listrik dengan kualitas yang tinggi. Hal tersebut karena Universitas Andalas memiliki banyak laboratorium dan peralatan kelistrikan lainnya dengan sensitivitas tinggi. Dalam pelayanan, biasanya sering kali terjadi rugi rugi dalam penyaluran yang menyebabkan turunya kualitas dan keandalan sistem tenaga listrik tersebut. Adapun jenis rugi-rugi yang dibahas adalah drop voltage dan losses. Photovoltaic sebagai penyedia energi alternatif sangat dibutuhkan untuk solusinya. Disini photovoltaic bekerja sebagai distributed generation serta dapat memperbaiki kualitas tenaga listrik agar semakin tinggi. Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kualitas energi listrik berdasarkan nilai losses dan drop voltage sebelum dan setelah pengintegrasian photovoltaic pada jaringan distribusi 20kV Universitas Andalas. Dengan memanfaatkan software ETAP 12.6.0 untuk melakukan simulasi, didapatkan hasil nilai drop voltage berada dibawah standar PLN yakni dengan nilai rata-rata sebesar 1.019%, serta total nilai losses daya aktif dan reaktif sebesar 0.141% dan 0.104%. Hal ini menandakan sistem jaringan distribusi 20kV pada Universitas Andalas memiliki kualitas energi listrik yang baik. Dengan pengintegrasian photovoltaic, terjadi penurunan nilai drop voltage sebesar 8.1306% pada skenario 1(nilai radiasi 200 ) dan 25.912% pada skenario 2 (nilai radiasi 600 ) dibanding sebelum pengintegrasian photovoltaic. Adapun penurunan nilai losses sebesar 27.66% dan 27.722% untuk daya aktif dan daya reaktif pada skenario 1 serta 71.94% dan 72.029% untuk daya aktif dan daya reaktif pada skenario 2 dibanding sebelum pengintegrasian photovoltaic. Disini didapati dengan pengintegrasian photovoltaic memperbaiki kualitas energi listrik pada jaringan distribusi 20kV Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 30 Sep 2016 08:33
Last Modified: 30 Sep 2016 08:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17066

Actions (login required)

View Item View Item