KAJIAN KOMPOSISI KOMPOS JERAMI GANDUM DAN TITHONIA DALAM PERBAIKAN SIFAT KIMIA TANAH INCEPTISOL DATARAN TINGGI DAN PRODUKSI TANAMAN GANDUM (Triticum aestivum L.)

Mutiara, Yolanda (2016) KAJIAN KOMPOSISI KOMPOS JERAMI GANDUM DAN TITHONIA DALAM PERBAIKAN SIFAT KIMIA TANAH INCEPTISOL DATARAN TINGGI DAN PRODUKSI TANAMAN GANDUM (Triticum aestivum L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

KAJIAN KOMPOSISI KOMPOS JERAMI GANDUM DAN TITHONIA DALAM PERBAIKAN SIFAT KIMIA INCEPTISOL DATARAN TINGGI DAN PRODUKSI TANAMAN GANDUM (Triticum aestivum L.) Skripsi S1 oleh Mutiara Yolanda, pembimbing: 1. Syafrimen Yasin 2. Adrinal ABSTRAK Inceptisol adalah tanah muda yang bereaksi masam dengan kandungan unsur hara rendah, sehingga membutuhkan bahan amelioran untuk memperbaiki kesuburan tanah tersebut. Bahan amelioran yang dapat digunakan adalah kompos yang berasal dari campuran jerami gandum dan tithonia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompos jerami gandum dan tithonia dalam memperbaiki sifat kimia Inceptisol serta memaksimalkan pertumbuhan tanaman gandum. Penelitian ini berlangsung dari bulan Mei 2015 sampai Januari 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah beberapa komposisi kompos jerami gandum dan tithonia yaitu 0 % kompos, 100 % kompos jerami gandum, kompos jerami gandum dan tithonia (75% + 25%), kompos jerami gandum dan tithonia (50% + 50%). Data hasil pengamatan tanah dianalisis menggunakan tabel kriteria penilaian sifat kimia tanah sedangkan data pertumbuhan dan produksi tanaman dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5 % dan 1 %. Jika hasil analisis sidik ragam berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5 % dan 1 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kompos jerami gandum dan tithonia dapat memperbaiki sifat kimia Inceptisol seperti meningkatkan nilai pH, kandungan C-organik, N-total, P-tersedia, K-dd, Ca-dd, Na-dd, sedangkan untuk Al-dd telah mengalami penurunan. Selain itu pemberian kompos 50% jerami gandum + 50% tithonia menghasilkan produksi gandum tertinggi yaitu 2034,25 kg/ha. Seiring dengan produksi yang tinggi juga terdapat angkutan hara tertinggi dengan angkutan hara N 9,788 kg/ha, P 8,171 kg/ha, dan K 8,526 kg/ha. Penelitian ini masih perlu mengkaji efek sisa dari kompos yang diberikan untuk mengetahui kondisi tanah setelah panen. Kata kunci : jerami gandum, tithonia, kompos, tanaman gandum, sifat kimia tanah, Inceptisol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 07 Sep 2016 08:35
Last Modified: 07 Sep 2016 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16553

Actions (login required)

View Item View Item