IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) UNTUK SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PENGELOLAAN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN PADA TOKO SOVIAH

DHANI, ADIATMA RIMEN (2016) IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) UNTUK SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PENGELOLAAN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN PADA TOKO SOVIAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Laporan TA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada Toko Soviah proses bisnis pembelian, persediaan, dan penjualan barang dilakukan secara manual serta belum adanya data pelanggan pasti di toko ini. Hal ini menyebabkan beberapa permasalahan antara lain, sering terjadi kesalahan pencatatan pembelian dan penjualan barang, perhitungan transaksi yang lama, lambatnya informasi ketersediaan barang di gudang serta sulitnya dalam melakukan promosi kepada pelanggan. Oleh karena itu, perlu penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM) untuk sistem informasi pembelian, persediaan, dan penjualan barang serta pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tahapan penerapan ERP ini dimulai dengan studi pendahuluan. Aktivitasnya yaitu pengenalan perusahaan dengan wawancara dan observasi, mengidentifikasi proses bisnis pembelian, persediaan, dan penjualan barang yang sedang berjalan kemudian membuatkan usulan sistem secara terkomputerisasinya, yang digambarkan dengan menggunakan Business Process Model Notation (BPMN), serta penggambaran model kerja sistem yang akan diterapkan menggunakan use case diagram. Tahapan selanjutnya adalah melakukan studi literatur dari berbagai buku dan jurnal untuk mencari landasan teori dan penelitian terkait. Kemudian melakukan pemilihan perangkat lunak ERP, setelah itu melakukan konfigurasi dan kustomisasi modul perangkat lunak ERP tersebut, serta terakhir melakukan penerapan dan pengujian. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat mengatasi permasalahan pada Toko Soviah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 06 Sep 2016 04:25
Last Modified: 06 Sep 2016 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16458

Actions (login required)

View Item View Item