THE GREAT DEPRESSION IMPACTS ON AMERICAN SOCIETY IN 1930s AS REFLECTED IN GEORGE S KAUFMAN PLAY YOU CAN’T TAKE IT WITH YOU

RUDY, SUKMAIZA (2015) THE GREAT DEPRESSION IMPACTS ON AMERICAN SOCIETY IN 1930s AS REFLECTED IN GEORGE S KAUFMAN PLAY YOU CAN’T TAKE IT WITH YOU. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (TESIS)
201601251818th_pdf skripsi rudi.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas dampak dari krisis ekonomi yang terjadi di Amerika pada awal tahun 1930 seperti yang terdapat didalam You Can’t Take it With You yang ditulis oleh Geroge S. Kaufman dan Moss Hart. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak sosial dalam kehidupan masyarakat Amerika setelah dilanda depresi hebat (The Great Depression). Dalam menganalisa drama ini, penulis menggunakan teori Mimetic yang digagas oleh Abrams yaitu melihat karya sastra sebagai tiruan atau cerminan dunia atau kehidupan manusia. Penulis juga menggunakan pendekatan sosiologi sastra oleh Alan Swingewood terutama perspektif pertama yaitu cerminan langsung dari struktur sosial, konflik sosial dan susunan masyarakat untuk membandingkan apakah keadaan yang tergambar dalam drama ini mempunyai persamaan dengan fakta yang terjadi pada masyarakat Amerika pada tahun 1930. Dalam penelitian ini penulis menemukan dampak dari depresi ekonomi yang melanda Amerika seperti munculnya pengangguran, sifat materialistik serta terjadinya pembagian status kelas sosial di tengah masyarakat. Data yang diperlukan di peroleh dari penelitian kepustakaan dan kemudian data dijabarkan secara deskriptif. Kata Kunci : Depresi hebat, Sosiologi Sastra, Amerika, Perang Dunia I.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 03 Sep 2016 03:43
Last Modified: 03 Sep 2016 03:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16395

Actions (login required)

View Item View Item