Pembuatan Serbuk Ti-6Al-4V dan Stainless Steel 316L yang Halus sebagai Bahan Dasar Implan Tulang Berpori dengan Perlakuan Termo-Mekanik

Widia, Soviyana (2015) Pembuatan Serbuk Ti-6Al-4V dan Stainless Steel 316L yang Halus sebagai Bahan Dasar Implan Tulang Berpori dengan Perlakuan Termo-Mekanik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201511251522th_widia.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Angka kejadian patah tulang yang tinggi diakibatkan oleh berbagai macam penyebab seperti osteoporosis, dan kecelakaan lalu lintas. Penyembuhan dilakukan dengan penanaman implan logam pejal, namun implant logam pejal masih memiliki kekurangan yang cukup banyak, antara lain diperlukan minimal 2x operasi, kaku dan memiliki massa jenis yang lebih besar dari tulang sehingga implant pejal ini tidak memiliki karakteristik mekanik yang sama dengan tulang manusia. Untuk mengatasi kekurangan tersebut diperlukan implan tulang berpori. Pembuatan implan tulang berpori memerlukan serbuk logam yang halus, namun serbuk logam sangat sulit untuk diperoleh secara komersil. Oleh karena itu, perlu dikaji bagaimana cara menghasilkan serbuk Ti 6 Al 4V dan SS 316L yang halus dengan lebih cepat. Pada penelitian ini dilakukan dengan mengkikir material Ti 6Al 4V yang telah digetaskan sebelumnya, lalu digiling menggunakan ball mill selama 4 jam menggunakan bola kecil jenis agate sebanyak 30 buah. Begitupun dengan SS 316 L, namun SS 316L tidak melalui proses penggetasan terlebih dahulu.Setelah itu serbuk logam diayak menggunakan mesin ayak untuk mengetahui ukuran serbuk, lalu dilanjutkan dengan proses pelarutan kimia dengan H2O2 + HCl. Setelah di larutkan, serbuk dikarakterisasi mengggunakan scanning electron microscopy (SEM) dan energy dispersive x-ray analysis (EDX). Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa penurunan ukuran serbuk Ti 6Al 4V menurun dari 190 μm menjadi 119 μm sedangkan pada SS 316L mengalami penurunan ukuran serbuk dari 191 μm menjadi 165 μm. Dapat dibandingkan bahwa proses pembuatan serbuk dengan cara tersebut lebih efektif untuk Ti 6Al 4V dibandingkan SS 316L. Komposisi Oksigen pada serbuk Ti 6Al 4V mengalami peningkatan karena proses termal yang dialami sedangkan komposisi kimia lainnya masih berada dalam batas referensi. Dan komposisi kimia pada serbuk SS 316L masih berada dalam batas referensi. Kata kunci : implan tulang, ukuran serbuk, Ti 6Al 4V, SS 316L, ball mill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 01 Sep 2016 10:43
Last Modified: 01 Sep 2016 10:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16352

Actions (login required)

View Item View Item