PEMETAAN KARAKTERISTIK SIFAT FISIKA TANAH PADA BEBERAPA SATUAN LAHAN DI KENAGARIAN RANAH PANTAI CERMIN KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN

HAZMI, PUTRA PERMANA (2013) PEMETAAN KARAKTERISTIK SIFAT FISIKA TANAH PADA BEBERAPA SATUAN LAHAN DI KENAGARIAN RANAH PANTAI CERMIN KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0488.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sifat fisik tanah merupakan kondisi lingkungan penting bahwa ketersediaan air berpengaruh. Pemetaan sifat fisik tanah membantu untuk mengidentifikasi potensi sumber daya pertanian. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret sampai Agustus 2012. Penelitian ini dilakukan di lapangan dan laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian, Universitas Andalas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik tanah dan untuk memetakan hasil. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan proposional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam sifat fisika tanah pada tekstur, berat volume, bahan organik dan total ruang pori di daerah Batu Gadang, Talakik, Sungai Sangir dan Sungai Papan. Terdapat kesamaan hasil penelitian permeabilitas pada daerah Batu Gadang dan Talakik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 31 Aug 2016 10:20
Last Modified: 31 Aug 2016 10:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16288

Actions (login required)

View Item View Item