INTEGRASI TERNAK SAPI POTONG DENGAN TANAMAN KAKAO (Studi kasus : Kelompok Tani Gapoktan Maju Berkarya Kenagarian Tanjung Betung Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman)

ALI, SATI (2013) INTEGRASI TERNAK SAPI POTONG DENGAN TANAMAN KAKAO (Studi kasus : Kelompok Tani Gapoktan Maju Berkarya Kenagarian Tanjung Betung Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0486.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis :a) Integrasi sapi potong dengan tanaman kakao dan potensi pengembangan integrasi di Kelompok Tani Maju Berkarya di Kenagarian Tanjung Betung. b) kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan integrasi sapi potong dengan tanaman kakao pada Kelompok Tani Maju Berkarya di Kenagarian Tanjung Betung. penelitian ini menggunakan metoda survey dan menggunakan kuesioner yang telah dipersiapkan. Jumlah responden sebayak 20 orang yang melakukan sistem integrasi antara sapi potong dengan kakao. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi antara sapi potong dan tanaman kakao seperti limbah ternak berupa feses sudah dimanfaatkan secara langsung tanpa pengolahan (100%). sedangkan limbah dari tanaman kakao belum dimanfaatkan untuk pakan ternak (100%). Kendala yang dihadapi dalam penerapan integrasi sapi potong dengan tanaman kakao adalah rendahnya pengetahuan peternak tentang integrasi itu sendiri dan kurangnya pemahaman peternak terhadap teknologi pengolahan limbah. Kata kunci : Integrasi, Sapi, Tanaman Kakao, Kelompok Tani Maju Berkarya, Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 31 Aug 2016 10:18
Last Modified: 31 Aug 2016 10:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16286

Actions (login required)

View Item View Item