ANALISIS USAHA KECIL KERIPIK NANGKA PUTERI MINANG DI KOTA PADANG

MERI, TRI PAULINA SIHITE (2013) ANALISIS USAHA KECIL KERIPIK NANGKA PUTERI MINANG DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0469.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil usaha dan keuntungan serta titik impas pada Usaha Kecil Keripik Nangka Puteri Minang. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2013 dengan periode data analisis terhitung mulai bulan Oktober 2012 hingga Maret 2013 sesuai dengan kelengkapan data dan informasi yang diperoleh dan dimiliki Usaha Puteri Minang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis data deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan profil usaha dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis biaya-biaya, laba/rugi, biaya bersama dan titik impas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha Puteri Minang yang berdiri sejak awal Februari ditahun 2009 belum memiliki sistem pemasokan bahan baku secara teratur dan pencacatan keuangan yang belum terperinci lengkap juga sistem pembagian waktu dan pembagian kerja. Pemilik usaha merangkap sebagai pimpinan, tenaga kerja produksi dan bagian pemasaran serta keuangan. Usaha Puteri Minang hanya memproduksi 1 jenis produk saja yaitu keripik nangka dengan 2 jenis ukuran kemasan yaitu kemasan 200 gr dan 100 gr. Selama periode Oktober 2012 hingga Maret 2013, Usaha Kecil Keripik Nangka Puteri Minang telah melakukan penjualan keripik nangka sebanyak 1.850 bungkus dengan total penjualan kemasan 200 gr sebanyak 9.075 bungkus dan kemasan 100 gr sebanyak 350 bungkus. Pendapatan penjualan yang diterima sebesar Rp 185.000.000 dengan keuntungan diperoleh sebesar Rp 63.199.729 sehingga nilai titik impas yang dicapai untuk penjualan sebesar Rp 27.823.924 dengan kuantitas produk 278,2 kg. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya pemilik usaha melakukan kerja sama dengan pedagang pengumpul daerah lain, memperbaiki pencatatan keuangan serta melakukan pengolahan kembali limbah usaha untuk menambah penerimaan usaha dengan kondisi lingkungan yang baik juga melakukan pemasaran langsung kepada konsumen agar usaha ini dapat berkembang dan bertahan dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 31 Aug 2016 08:48
Last Modified: 31 Aug 2016 08:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16262

Actions (login required)

View Item View Item