PERENCANANAAN LAYOUT TERMINAL ANGKUTAN KOTA DALAM PROPINSI AKDP)YANG MELAYANI JURUSAN PADANG KE BAGIAN UTARA SUMBAR (ARAH BUKITTINGGI, BATU SANGKAR, PARIAMAN DAN SEKITARNYA)

ABDUL, HAMID (2009) PERENCANANAAN LAYOUT TERMINAL ANGKUTAN KOTA DALAM PROPINSI AKDP)YANG MELAYANI JURUSAN PADANG KE BAGIAN UTARA SUMBAR (ARAH BUKITTINGGI, BATU SANGKAR, PARIAMAN DAN SEKITARNYA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201509202258th_ta lengkap upload website.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keinginan Setiap Orang untuk mencapai sebuah aksessibilitas yang lancar dalam sebuah jalan perkotaan terusik sejak munculnya terminal bayangan disepanjang jalan perkotaan. Hal tersebut disebabkan tidak beroperasinya TRB (Terminal Regional Bingkuang) sebagai sebuah terminal yang diminati oleh masyarakat. Munculnya terminal bayangan tersebut saat ini mengakibatkan terjadinya kemacetan yang mengganggu kelancaran lalu lintas di didalam kota, khususnya pada daerah kota bagian utara. Oleh karena itu perlu suatu alternatif pemecahan masalah diatas dengan melalui perencanaan terminal yang khusus melayani Bis Antar Kota Dalam Propinsi. Pada Tugas Akhir ini, penulis melakukan perencanaan dua bentuk layout terminal AKDP yang khusus melayani bagian utara Sumbar (arah Bukittinggi, Batusangkar, Pariaman dan seterusnya). Data volume lalu lintas bis dan jumlah penumpang yang didapatkan dari hasil survei lapangan, dilakukan di daerah Duku (Persimpangan Akhir Bypass) dan daerah Air Tawar (Depan Kampus UNP ). Pengambilan data tersebut bertujuan untuk mendapatkan kapasitas terminal., Dari hasil data tersebut didapatkan luas terminal yang dibutuhkan sebesar 18296,91 m 2 . Dengan Jumlah Bis yang parkir pada areal kedatangan 13 Bis, pada areal menunggu sebanyak 19 Bis dan areal keberangkatan 17 Bis yang parkir. Sehingga keuntungan yang dapat direncanakan dari sebuah Layout terminal bis antar kota dalam propinsi (AKDP) yang melayani jurusan padang dengan bagian utara Sumbar (Arah Bukittinggi, Batu Sangkar, Pariaman dan seterusnya), adalah dapat menampung seefektif mungkin kapasitas kendaraan yang dibutuhkan dan luas areal seefesien mungkin berdasarkan hasil perencanaan. Dengan perencanaan Layout terminal ini diharapkan permasalahan kemacetan yang mengganggu kelancaran lalu lintas di dalam kota dapat dikurangi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:16
Last Modified: 27 Sep 2016 01:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16166

Actions (login required)

View Item View Item