PERSEPSI MAHASISWI TENTANG KANKER PAYUDARA DAN PERILAKUNYA TERHADAP PENCEGAHAN KANKER PAYUDARA “PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI)” DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNAND PADANG TAHUN 2013

RIA, DELVANI.R.S (2013) PERSEPSI MAHASISWI TENTANG KANKER PAYUDARA DAN PERILAKUNYA TERHADAP PENCEGAHAN KANKER PAYUDARA “PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI)” DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNAND PADANG TAHUN 2013. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
2408201616.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)

Abstract

Kanker payudara memiliki angka kejadian yang terus meningkat setiap tahunnya, dan 68,6% wanita dengan kanker payudara berobat pada stadium lanjut sehingga sulit untuk disembuhkan, padahal kanker payudara dapat dideteksi pada stadium awal dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). SADARI merupakan cara yang paling efektif untuk pencegahan dini kanker payudara. Persepsi mengenai kanker payudara akan mempengaruhi perilaku SADARI seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi kerentanan dan keparahan kanker payudara, serta persepsi manfaat dan hambatan SADARI mahasiswi dan mencari hubungan antara persepsi tersebut dengan perilaku SADARI. Penelitian ini bersifat analitik, menggunakan desain cross sectional study, dilaksanakan dari Januari sampai Juni 2013. Sampel pada penelitian ini sebanyak 76 mahasiswi keperawatan, diambil dengan teknik stratified random sampling. Menggunakan analisis univariat, bivariat (dengan uji Chi Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 59,2% responden memiliki perilaku SADARI tidak baik, 52,6% persepsi kerentanan positif, 52,6% persepsi keparahan negatif, 59,2% Persepsi manfaat negatif dan 52,6% persepsi hambatan negatif. Terdapat hubungan antara persepsi kerentanan, keparahan, manfaat dan hambatan terhadap perilaku SADARI. Diperlukan peningkatkan peran pendidik dalam menyampaikan informasi tentang kanker payudara dan SADARI,agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswi dalam aplikasinya. Kata kunci : kanker payudara, persepsi model kepercayaan kesehatan, Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Daftar pustaka : 43 (2003 – 2011)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 29 Aug 2016 09:53
Last Modified: 29 Aug 2016 09:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16108

Actions (login required)

View Item View Item