Manajemen Pelaksanaan Program Layanan Rakyat untuk Sertifikat Tanah (LARASITA) Oleh Kantor Pertanahan Kota Padang

IRSYAD, KURNIADI (2015) Manajemen Pelaksanaan Program Layanan Rakyat untuk Sertifikat Tanah (LARASITA) Oleh Kantor Pertanahan Kota Padang. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
201504220355nd_skripsi irsyad kurniadi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen pelaksanaan program layanan rakyat untuk sertifikat tanah (LARASITA) oleh Kantor Pertanahan Kota Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena wilayah terbangun Kota Padang yang cukup tinggi membuat masyarakat dituntut memiliki sertifikat tanah atas kepemilikan tanah mereka serta program ini dapat memotong mata rantai birokrasi yang panjang. Selain itu tim pelaksanaan program LARASITA kantor pertanahan Kota Padang menggunakan inovasi One Day Service dalam program ini berbeda dengan kantor didaerah lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, validitas teknik data yang digunakan peneliti adalah triangulasi sumber. Pemilihan informan yang digunakan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini dengan menggunakan teori fungsi manajemen yang diusulkan oleh H. Koontz dan O’ Donnel, menunjukkan bahwa manajemen tim pelaksana cukup optimal dalam memanajemen program LARASITA namun disisi lain masih terdapat kekurangan. Penjadwalan cukup baik dilakukan tim dengan mempertimbangan kondisi dan situasi dalam memilih waktu dan tempat serta anggota tim yang dipilih cukup baik melaksanakan program. Namun pada prakteknya tim juga mengalami banyak hambatan dan kendala. Dilihat dari manajemen pelaksanaannya tim belum optimal mensosialisasikan jadwal dan program, tim masih menggunakan sistem offline dilapangan Tim sangat bergantung pada anggaran yang diberikan serta tidak dilakukannya evaluasi yang membuat pelaksanaan program setiap tahun menemui kendala dan hambatan yang sama. Kesimpulan dari penelitian ini ialah manajemen pelaksanaan program LARASITA oleh kantor pertanahan Kota Padang melalui tim cukup optimal. Khusunya dalam penjadwalan yang telah baik, anggota tim sesuai kebutuhan dilapangan serta pelayanan yang diberikan tim sudah cukup memuaskan masyarakat walaupun masih banyak kendala yang masih dihadapi tim. Kendala terbesar yang dihadapi yakni jaringan dan sosialisasi yang paling terlihat Kata kunci: Manajemen Pelaksanaan, Program LARASITA, Inovasi Pelayanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:29
Last Modified: 25 Jan 2016 08:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item View Item