OPTIMALISASI PENEMPATAN SINGLE TUNED FILTER UNTUK MEREDUKSI RUGI-RUGI DAYA AKIBAT ARUS HARMONIK MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP

REGINA, NISHA (2015) OPTIMALISASI PENEMPATAN SINGLE TUNED FILTER UNTUK MEREDUKSI RUGI-RUGI DAYA AKIBAT ARUS HARMONIK MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tugas Akhir)
201511051630th_regina nisha 1110951002.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Beban listrik terdiri dari dua jenis, yaitu beban linear dan non linear. Harmonisa muncul akibat adanya beban-beban non linear yang terhubung ke sistem listrik. Harmonisa adalah gangguan yang terjadi pada sistem distribusi tenaga listrik akibat terjadinya gelombang arus dan tegangan. Untuk meningkatkan kualitas sistem tenaga listrik, maka harmonisa harus ditekan seminimalnya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan filter harmonisa. Tujuan dari penulisan skripsi ini ialah untuk menentukan tempat yang optimal untuk penempatan filter pasif single tuned pada sistem distribusi dan mengetahui besarnya rugi-rugi daya yang didapatkan setelah filter pasif dipasang pada sistem. Berdasarkan data hasil pengukuran, nilai IHD arus terbesar pada tiap-tiap saluran terletak pada orde ke 3. Namun pada hasil simulasi, nilai IHD arus pada orde ke 3 bernilai 0, hal tersebut karena program ETAP tidak menghitung nilai harmonik yang terletak pada urutan fasa 0. Nilai IHD yang paling besar mengalami penurunan setelah penempatan filter terdapat pada saluran S2. Pada saluran S2 juga memiliki nilai rugi-rugi daya yang paling kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 27 Aug 2016 07:19
Last Modified: 27 Aug 2016 07:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15894

Actions (login required)

View Item View Item