TINJAUAN ASPEK FARMAKOKINETIK KLINIK FENITOIN PADA PASIEN RAWAT INAP DI BANGSAL PENYAKIT SYARAF RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG

PUSPA, PAMESWARI (2012) TINJAUAN ASPEK FARMAKOKINETIK KLINIK FENITOIN PADA PASIEN RAWAT INAP DI BANGSAL PENYAKIT SYARAF RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (TESIS)
CRV0433.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Farmakokinetik Klinik merupakan penerapan prinsip farmakokinetik pada manajemen terapi obat yang aman dan efektif pada seorang pasien (farmakoterapi) dan untuk mencegah penurunan kualitas hidup pasien yang dapat terjadi akibat ROM (reaksi obat merugikan). Karena perbedaan antara pasien dalam farmakokinetik (ADME) maupun perubahan kondisi patologik pasien, maka sulit merancang aturan dosis tepat. Fenitoin mempunyai rentang terapi yang sempit yaitu 10 – 20 μg/mL dan kinetika eliminasinya mengikuti kinetika non linear yang konsisten dengan kinetika Michaelis–Menten karena pada proses eliminasi fenitoin cenderung mengalami kejenuhan enzim maka apabila terjadi sedikit saja perubahan dosis yang diberikan akan menyebabkan ketidak– proposionalan konsentrasi dalam plasma. Penelitian ini dilakukan pada pasien rawat inap di bangsal penyakit syaraf RSUP. DR. M. DJAMIL Padang selama 4 bulan (Oktober 2011–Januari 2012). Jenis data yang diambil meliputi masalah–masalah aspek farmakokinetik yang ditemukan terkait dengan pengunaan fenitoin yaitu aspek kesesuaian dosis, keefektifan terapi, efek samping yang merugikan, efek toksik dan interaksi. Data dianalisa secara statistik deskriptif serta dilakukan perhitungan jumlah persentase dan disajikan dalam bentuk tabulasi dan diagram. Dari penelitian ini diperoleh data persentase keefektifan fenitoin adalah 47,83 %. Persentase interaksi yang terjadi antara fenitoin dengan obat–obat lain adalah 100 %. Dan 6 dari 23 pasien yang mendapatkan terapi fenitoin meninggal dunia. Tiga diantaranya menunjukkan gejala intoksikasi dari fenitoin. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa belum adanya penerapan aspek farmakokinetik klinik pada pasien yang menggunakan fenitoin yang dirawat di bangsal penyakit syaraf RSUP. DR. M. Djamil Padang. Key word : Farmakokinetik klinik, fenitoin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 27 Aug 2016 04:22
Last Modified: 27 Sep 2016 01:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15838

Actions (login required)

View Item View Item