AN ANALYSIS OF SIGNS IN SLOGAN CAMPAIGN ANTI ISRAELI PRODUCT FOUND IN INMINDS.COM

RIZKI, IKHWAN (2012) AN ANALYSIS OF SIGNS IN SLOGAN CAMPAIGN ANTI ISRAELI PRODUCT FOUND IN INMINDS.COM. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0432.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas tentang tanda-tanda yang terdapat pada semboyan kampanye anti produk Israel. Tanda yang ada dibagi atas dua macam, yaitu linguistik dan non-linguistik. Kedua tanda tersebut dijabarkan menurut fungsinya merujuk kepada model pembagian tanda seperti yang dikemukakan oleh Ferdinand de Saussure. Data penilitian ini diambil dari situs Inminds.com. Data diambil sebanyak 8 titik pengamatan dalam bentuk gambar (image) yang disertai dengan tulisan yang berupa semboyan (slogan). Analisis data dilakukan pertama dengan melakukan penjabaran tanda-tanda linguistic (linguistic signs) dan non-linguistik (non-linguistic signs) melalui model pembagian tanda yang dikemukakan oleh Ferdinand de Saussure. Selanjutnya, penulis menjabarkan makna denotatif (denotative meaning), dan konotatif (connotative meaning) melalui tanda-tanda linguistik maupun tanda-tanda non-linguistik dengan menggunakan teori Roland Barthes. Makna denotatif mencakup makna menurut kamus atau makna dasar dari sebuah tanda. Makna konotatif mencakup makna tambahan yang melekat pada makna denotasi yang dipengaruhi oleh faktor emosi, sejarah, dan budaya. Selanjutnya, dalam skripsi ini, metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi tanpa participant (observational method with non participant). Dimana penulis secara langsung mengumpulkan data yang ada di internet. Selanjutnya, dalam menganalisa data, penulis menggunakan metode distributional dan referential. Metode distributional digunakan untuk menjelaskan bentuk dan makna dari slogan, sementara metode referential digunakan untuk menentukan konteks dan fungsi dari slogan. Selanjutnya, metode yang digunakan dalam menyajikan hasil analisis adalah metode deskriptif, yaitu menampilkan hasil analisis dalam bentuk descriptive texts. Dari analisis tanda dan makna pada semboyan kampanye tersebut, ditemukan alsan dan latar belakang semboyan (slogan) ini beredar di media, seperti; kepedulian terhadap kemanusiaan, perdamaian, serta sebuah luapan emosi dari beberapa negara terhadap Israel. Kata kunci: semiotic, slogan, campaign.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 27 Aug 2016 04:19
Last Modified: 27 Aug 2016 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15837

Actions (login required)

View Item View Item