SALURAN DISTRIBUSI AKSESORIS BEKAS MOBIL PADA CV. SAGRAHA MOTOR BUKITTINGGI

MUHAMMAD, ZAKI SANI (2015) SALURAN DISTRIBUSI AKSESORIS BEKAS MOBIL PADA CV. SAGRAHA MOTOR BUKITTINGGI. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
201503241333th_tugas akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di zaman serba modern ini berbagai bidang dapat dimasuki perusahaan atau industri akibat perubahan yang cepat dalam selera, teknologi dan persaingan. Untuk menghadapi persaingan, maka perusahaan perlu melaksanakan usaha kegiatan pemasaran dengan menggunakan saluran distribusi yang tepat sehingga tujuan dapat dicapai. Tujuan utama perusahaan pada intinya sama, yaitu dapat meningkatkan volume penjualan sehingga laba yang dihasilkan akan terus meningkat, namun tanpa meninggalkan kepuasan yang dirasakan oleh konsumen. dunia usaha dewasa ini mengalami peningkatan yang cukup pesat. Peningkatan itu disebabkan karena kebutuhan manusia yang semakin komplek. Sehingga hal ini mendorong perusahaan untuk memenuhi akan permintaan suatu kebutuhan. Dalam menenuhi permintaan tersebut, perusahaan harus menghadapi persaingan yang ketat baik untuk perusahaan yang memproduksi sejenis maupun yang berbeda sama sekali. Untuk dapat menarik konsumen melakukan pembelian, maka perusahaan harus menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat dengan kondisi pasar yang dihadapi. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu produk, harga, promosi, dan saluran distribusi. Dalam rangka mempelancar arus barang dan jasa dari pihak produsen ke konsumen maka salah satu faktor yang sangat penting atau tidak boleh diabaikan 2 adalah saluran distribusi. Perusahaan menekan pentingnya saluran distribusi mengingat bahwa cara ini dapat digunakan dan berfungsi sebagai tolak ukur kemampuan pemasaran di berbagai unit pemasaran tersebut.dalam usaha mencapai tujuan dan sasaran perusahaan di bidang pemasaran, setiap perusahaan melakukan kegiatan penyaluran atau distribusi. Penyaluran merupakan kegiatan penyampaian produk sampai ke tangan pemakai atau konsumen pada waktu yang tepat. Saluran distribusi adalah sekelompok organisasi yang saling tergantung yang terlibat dalam proses yangmemungkinkan suatu produk atau jasa tersedia bagi penggunaan atau konsumsi oleh konsumen atau pengguna industrial. Banyaknya cara yang dapat dipakai untuk menyalurkan barang dan jasa kepada konsumen salah satunya adalah dengan menggunakan jasa saluran distribusi. Dalam pengambil keputusan untuk menggunakan saluran distribusi, perusahaan harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi pilihan saluran distribusi. Faktor–faktor tersebut adalah pertimbangan pasar, pertimbangan produk, pertimbangan perantara, pertimbangan perusahaan. Keputusan memilih saluran distribusi tersebut menuntut kecermatan serta ketelitian yang tinggi, karena kesalahan dalam memilih saluran distribusi akan menggangguproses penyaluran barang sampai ke konsumen sehingga pada akhirnya akan berpengaruh terhadap volume penjualan. Ternyata permasalahan yang berkaitan dengan produksi barang dan jasa tersebut dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen, tetapi juga memerlukan faktor lain dalam hal ini adalah saluran distribusi. CV. Sagraha Motor adalah CV yang bergerak dalam penjualan produk bekas aksesoris mobil, CV. Sagraha Motor membeli produk yang sudah rusak atau bekas dan mengelola 3 kembali produk tersebut untuk menjadi produk yang baik dan di pasarkan kembali dengan harga relative murah. Perpindahaan produk dari PT Asusansi Pekanbaru ke CV. Sagraha Motor Bukittinggi membuat CV. Sagraha Motor menaikkan harga untuk produk yang akan mereka jual. Untuk itu penulis tertarik untuk mengambil judul ΄΄Saluran Distribusi pada Toko Aksesoris Sagraha Motor di Bukittinggi``

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: Mr Muqtadirurrijal Muqta
Date Deposited: 17 Feb 2016 04:25
Last Modified: 17 Feb 2016 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item View Item