PENGARUH MEDIUM BASAL LOW GLUCOSE DULBECCO MODIFIED EAGLE’S MEDIUM (DMEM LG) TERHADAP VIABILITAS DAN PROLIFERASI SEL PUNCA MESENKIMAL ASAL JARINGAN ADIPOSA PADA SUHU PENYIMPANAN 4°C

INTAN, NOVITA SARI (2015) PENGARUH MEDIUM BASAL LOW GLUCOSE DULBECCO MODIFIED EAGLE’S MEDIUM (DMEM LG) TERHADAP VIABILITAS DAN PROLIFERASI SEL PUNCA MESENKIMAL ASAL JARINGAN ADIPOSA PADA SUHU PENYIMPANAN 4°C. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201602232239rd_skripsi lengkap intan.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sel punca mesenkimal asal jaringan adiposa merupakan sel punca multipoten yang banyak digunakan sebagai agen terapi berbasis sel dalam mengobati berbagai penyakit degeneratif. Ini disebabkan oleh sifatnya yang mudah di isolasi dan mempunyai imunogenitas yang rendah sehingga menghindari terjadinya rejeksi imun. Penelitian ini mengamati pengaruh medium basal Low Glucose Dulbecco Modified Eagle’s Medium (DMEM LG) terhadap viabilitas dan proliferasi sel punca mesenkimal asal jaringan adiposa pada suhu penyimpanan 4°C. Viabilitas dan proliferasi sel diamati pada waktu penyimpanan 0, 3, 6, 24, 48, 72, 96 jam dan dihitung menggunakan hemositometer. Hasil yang didapatkan yaitu viabilitas sel punca mesenkimal asal jaringan adiposa dapat bertahan maksimum 72 jam dalam DMEM LG pada suhu penyimpanan 4°C dengan presentase viabilitas >70%. Kemampuan proliferasi sel punca mesenkimal yang ditandai dengan perhitungan population doubling time menunjukkan bahwa nilai PDT semakin meningkat seiring dengan lambatnya laju proliferasi sel. Dengan demikian, medium basal DMEM LG bisa menjadi alternatif medium penyimpanan sel punca mesenkimal asal jaringan adiposa pada suhu penyimpanan 4°C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 27 Aug 2016 02:36
Last Modified: 27 Aug 2016 02:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15750

Actions (login required)

View Item View Item