GERAKAN MAHASISWA DALAM MEMPENGARUHI RENCANA KEBIJAKAN PEMERINTAH (STUDI: ALIANSI BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA SELURUH INDONESIA DALAM MENOLAK KENAIKAN HARGA BBM PADA BULAN MARET, 2012)

Lisa, Febriyanti (2013) GERAKAN MAHASISWA DALAM MEMPENGARUHI RENCANA KEBIJAKAN PEMERINTAH (STUDI: ALIANSI BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA SELURUH INDONESIA DALAM MENOLAK KENAIKAN HARGA BBM PADA BULAN MARET, 2012). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0395.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada Maret 2012, terjadi aksi demonstrasi yang dilakukan oleh gerakan mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia, yang dilatarbelakangi karena menolak rencana kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM. Aksi penolakan ini berhasil mempengaruhi kebijakan pemerintah namun aksi diwarnai perusakan dan bentrok dengan aparat keamanan. Untuk memahami realitas tersebut, perlu dilihat kembali bagaimana aksi-aksi dan tindakan yang dilakukan oleh gerakan mahasiswa. Fenomena ini lah yang mendasari perlunya dilakukan penelitian supaya pergerakan mahasiswa dapat tergambarkan secara lebih objektif dan mendalam dari sudut keilmuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis gerakan mahasiswa mempengaruhi rencana kebijakan pemerintah tersebut. Dengan mengambil Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia sebagai objek penelitian yang melakukan aksi di depan Gedung DPR/MPR RI, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif tipe deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Informan dipilih secara purposive sampling dilanjutkan dengan snowball sampling. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Aliansi BEM SI memobilisasi sumber daya dan menggunakan mekanisme-mekanisme gerakan sosial untuk mempengaruhi rencana kebijakan pemerintah. Sumber daya yang dimaksud adalah faktor kepemimpinan, struktur organisasi, taktik, sumber daya material, waktu, dan sarana komunikasi. Mekanisme yang dilakukan Aliansi BEM SI adalah dengan cara political opportunity structure, struktur mobilisasi, proses framing, repertoire, sumber-sumber intelektual, dan contentious politics. Mekanisme-mekanisme ini lah yang membuat pergerakan Aliansi BEM SI berhasil mempengaruhi rencana kebijakan pemerintah dengan tidak jadinya dinaikkan harga BBM per 1 April 2012. Gerakan mahasiswa pada saat itu tergolong kepada Gerakan Sosial Baru. Kata Kunci: Gerakan Sosial, Gerakan Mahasiswa, Kebijakan Pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 25 Aug 2016 09:30
Last Modified: 25 Aug 2016 09:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15689

Actions (login required)

View Item View Item