HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT STRES PADA PASIEN FRAKTUR DI RUANG TRAUMA CENTRE RSUP. DR. M. DJAMIL TAHUN 2013

ROSALINA, PRIMARTA MESURI (2013) HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT STRES PADA PASIEN FRAKTUR DI RUANG TRAUMA CENTRE RSUP. DR. M. DJAMIL TAHUN 2013. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
2208201636.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

Fraktur dapat mengakibatkan kehilangan fungsi fisik sehingga dapat mengakibatkan terjadinya stres. Pasien yang mengalami stres tampak gelisah, kurang nafsu makan, cemas dan mereka berupaya menarik diri dengan diam dan melamun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan mekanisme koping dengan tingkat stres pada pasien fraktur di Ruang Trauma Centre RSUP. Dr. M. Djamil Padang Tahun 2013. Jenis penelitian adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel 60 orang, diambil secara Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tingkat stres dan kuesioner COPE. Analisa data univariat yang digunakan yaitu distribusi frekuensi dan analisa bivariat menggunakan uji Lambda. Hasil analisa univariat didapatkan 50% mengalami stres ringan, 68,3% menggunakan mekanisme koping adaptif didapatkan hubungan bermakna antara mekanisme koping dengan tingkat stres dengan kekuatan lemah dan arah positif, dimana (p=0,004) dan (r=0,300). Disarankan kepada perawat untuk dapat memperhatikan manifestasi klinis stres dan pasien fraktur yang menggunakan mekanisme koping maladaptif, untuk dapat mengatasi stres dengan cara bertanya pada orang terdekat, penilaian secara positif dan menganjurkan menggunakan koping adaptif. Kata kunci : fraktur, mekanisme koping, tingkat stres Daftar pustaka : 38 (2000-2012)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 25 Aug 2016 09:14
Last Modified: 25 Aug 2016 09:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15671

Actions (login required)

View Item View Item