Analisis Pendapatan Usaha Ternak Sapi Pada Kelompok Tani (Study Kasus; Kelompok Tani Ternak Taruko Saiyo, Kelurahan Koto Luar, Kecamatan Pauh, Kota Padang)

RIKO, SATRIO (2013) Analisis Pendapatan Usaha Ternak Sapi Pada Kelompok Tani (Study Kasus; Kelompok Tani Ternak Taruko Saiyo, Kelurahan Koto Luar, Kecamatan Pauh, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
2208201633.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Kelompok Tani Ternak Taruko Saiyo, Kelurahan Koto Luar, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan, dari 7 September 2012 sampai dengan 27 Oktober 2012. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Aspek teknis dan pendapatan usaha ternak sapi pada kelompok tani ternak taruko saiyo. Metode penelitian yang digunakan adalah Studi kasus, data yang diambil berupa data primer dan skunder. Hasil penelitian adalah jenis bibit yang dipelihara yaitu Sapi simental, Peranakan Ongol, dan Sapi Bali. Pakan yang diberikan berupa pakan hijauan segar dan kosentrat, ternak sapi dipelihara secara Intensif, ternak sapi dikandangkan dalam kandang kelompok yang ukuran kandang 2 x 1,5 m/ekor. Sistim pemasaran ternak dilakukan dikandang kelompok, apabila harga jual disepakati transaksi jual ternak terjadi. Penyakit yang sering menyerang ternak adalah mecret, demam dan penyakit kuku. Koefisien teknis pada ternak sapi yaitu umur awal penggemukan 2 sampai 3 tahun, dengan lama pemeliharaan 6 sampai 12 bulan, rata-rata bobot awal penggemukan 225,8 kg, rata-rata bobot akhir pemeliharaan 454,1 kg. Angka kelahiran adalah 87,5 % dengan nilai S/C adalah 2 kali dan calving interval adalah 13 bulan. Pendapatan kelompok dalam usaha ternak sapi yaitu Rp 8.050.586,55,-/tahun dengan nilai R/C ratio 1,06 dan tingkat keuntungan yang diperoleh 6,50 %. Kata kunci : Usaha ternak sapi, Analisis pendapatan, Kelompok tani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 25 Aug 2016 09:08
Last Modified: 25 Aug 2016 09:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15650

Actions (login required)

View Item View Item