EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERN PADA PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS DI PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PASAR AUR BUKITTINGGI

DIANA, ETIKA HAIRANI AMRI (2013) EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERN PADA PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS DI PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PASAR AUR BUKITTINGGI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TUGAS AKHIR)
CRV0386.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)

Abstract

Kas adalah salah satu unsur aktiva yang paling penting karena merupakan alat pertukaran atau pembayaran yang siap dan bebas digunakan untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan. Hampir setiap transaksi perusahaan dengan pihak luar menggunakan kas. Oleh karena itu, kas mempunyai sifat mudah dipindahtangankan dan tidak dapat dibuktikan pemiliknya maka uang kas yang keluar akan mudah disalahgunakan. Melihat kondisi kas yang demikian beresiko 4 maka setiap perusahaan harus punya sistem dan prosedur penerimaan dan pengeluaran yang baik. Kas merupakan aset likuid yang mudah digunakan, banyak yang menginginkan sehingga mudah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu entitas perlu merancang pengendalian intern yang baik agar kas perusahaan aman dan terlindungi. Perlindungan terhadap kas dapat berupa fisik maupun perlindungan untuk menjaga agar kas tidak digunakan untuk kepentingan yang tidak seharusnya. Beberapa bentuk pengendalian terhadap kas menurut Dwi Martani d.k.k (2012, hal 182) misalnya sebagai berikut :  Terdapat pemisahan tugas antara pihak yang melakukan otorisasi dengan pembayaran, pihak yang melakukan pengelolaan kas dan pencatatan, pihak pengguna, dan pihak pembayar.  Penggunaan lemari besi (brankas) untuk menyimpan kas atau di ruang tertutup dengan akses terbatas.  Penerimaan dan pengeluaran kas menggunakan rekening yang berbeda.  Penggunaan sistem imprest kas kecil untuk memenuhi kas dalam jumlah kecil.  Rekonsiliasi antara pencatatan perusahaan dengan rekening koran bank. Menurut James A. Hall (2011, hal 180), pembuatan dan pemeliharaan sistem pengendalian intern adalah kewajiban pihak manajemen yang penting. Aspek mendasar dari tanggung jawab penyediaan informasi pihak manajemen adalah untuk memberikan jaminan yang wajar bagi pemegang saham bahwa perusahaan dikendalikan dengan baik. Selain itu, pihak manajemen bertanggung 5 jawab untuk melengkapi pemegang saham serta calon investor dengan informasi keuangan yang andal secara tepat waktu. Sistem pengendalian intern yang memadai penting bagi pihak manajemen untuk melakukan kewajiban ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 24 Aug 2016 10:25
Last Modified: 24 Aug 2016 10:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15631

Actions (login required)

View Item View Item