PERENCANAAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PERIJINAN PADA PEMERINTAH KOTA PADANG

DESY, HERAWATI (2011) PERENCANAAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PERIJINAN PADA PEMERINTAH KOTA PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TESIS)
CRV0357.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Adanya komitmen pemerintah untuk memperbaiki iklim investasi diwujudkan dengan penyederhanaan prosedur perijinan melalui penyelenggaraan pelayanan perijinan terpadu satu pintu, namun prakteknya belum memenuhi keinginan masyarakat, sehingga perlu adanya perencanaan dalam perbaikan pelayanan perijinan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Penelitian dilakukan pada Pemerintah Kota Padang. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi pelayanan perijinan berdasarkan aspek-aspek standar minimal pelayanan, menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perijinan, membandingkan harapan dan penilaian masyarakat terhadap pelayanan perijinan serta menyusun perencanaan peningkatan kualitas pelayanan perijinan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survey. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi pelayanan perijinan berdasarkan aspek-aspek prosedur pelayanan, sarana pendukung pelayanan serta kompetensi petugas belum memadai, Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan perijinan yaitu 3,365 (nilai konversi 67,3) termasuk kategori C. Dari matriks Importance Performance Analysis menunjukkan prioritas utama perbaikan kualitas perijinan harus dilakukan pada unsur kecepatan pelayanan dan ketepatan waktu penyelesaian dokumen. Perencanaan yang dirumuskan berdasarkan hasil analisis sebelumnya terdiri dari 2 kebijakan yaitu Percepatan prosedur pelayanan perijinan dan Pengalokasian anggaran untuk pelaksanaan program-program dalam rangka pelaksanaan pelayanan perijinan dan peningkatan kualitas pelayanan perijinan. Dari kebijakan tersebut disusun program-program yang dikembangkan menjadi beberapa kegiatan untuk peningkatan kualitas pelayanan perijinan yaitu penyediaan system informasi pelayanan, penyediaan jasa perbaikan peralatan kerja, penambahan daya listrik di KP2T-SP, pengadaan kendaraan dinas/ operasional, pembuatan website KP2T-SP Kota Padang, sosialisasi mekanisme pelayanan terpadu, penambahan jumlah tenaga survey, pelatihan dan pendidikan komputer bagi petugas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 24 Aug 2016 09:23
Last Modified: 24 Aug 2016 09:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15597

Actions (login required)

View Item View Item