Laju Pertumbuhan dan Serapan Karbon pada Karang yang Ditransplantasi dengan Metode Pengikatan dan Pengeleman di Taman Nirwana, Kota Padang

RERA, AGUNG SYUKRA (2016) Laju Pertumbuhan dan Serapan Karbon pada Karang yang Ditransplantasi dengan Metode Pengikatan dan Pengeleman di Taman Nirwana, Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
3.2.1 Abstrak.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
3.2.2 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
3.2.3 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
3.2.4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img] Text (Karya Ilmiah)
3.2.5 Karya Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)

Abstract

Ekosistem terumbu karang yang rusak dapat direhabilitasi melalui kegiatan transplantasi karang. Kegiatan transplantasi karang pada umumnya menggunakan metode pengikatan, namun metode tersebut masih banyak kekurangan seperti bibit karang sering lepas dan adanya benda asing yang berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan karang. Adanya metode pengeleman diyakini berpengaruh baik terhadap pertumbuhan karang dibandingkan metode pengikatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan laju pertumbuhan karang yang ditransplantasi dengan masing-masing metode. Pelaksanaan penelitian meliputi pengambilan bibit karang, penanaman bibit karang yang dilakukan dengan scubadiving pada kedalaman 3 hingga 5 meter, pengukuran fisika-kimia perairan, pengukuran pertambahan panjang karang dan jumlah cabang karang serta serapan karbon pada karang. Hasil laju pertumbuhan dan serapan karbon yang diperoleh menunjukkan metode pengeleman lebih baik dibandingkan metode pengikatan. Laju pertumbuhan karang metode pengikatan selama pengamatan berkisar 0,3 - 5,2 mm/bulan dengan pertumbuhan mutlak sebesar 9,25 mm dan pertumbuhan relatif sebesar 0,089 mm, sedangkan laju pertumbuhan karang metode pengeleman berkisar 1,35 - 4,8 mm/bulan dengan pertumbuhan mutlak sebesar 8,05 mm dan pertumbuhan relatif sebesar 0,102 mm. Serapan karbon karang metode pengeleman yaitu 11,38 mg/l dengan kadar karbon sebanyak 23%, sedangkan serapan karbon metode pengikatan, yaitu 8,99 mg/l dengan kadar karbon sebanyak 18%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 31 Aug 2016 07:13
Last Modified: 31 Aug 2016 07:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15563

Actions (login required)

View Item View Item