ANALISIS WILAYAH SENTRA PRODUKSI (UNGGULAN) KOMODITI UNGGULAN PERTANIAN TERPILIH DALAM LINGKUP SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) DINAS PERTANIAN, PETERNAKAN DAN PERIKANAN KABUPATEN SOLOK SELATAN

M., FAJRI YANIS SAPUTRA (2011) ANALISIS WILAYAH SENTRA PRODUKSI (UNGGULAN) KOMODITI UNGGULAN PERTANIAN TERPILIH DALAM LINGKUP SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) DINAS PERTANIAN, PETERNAKAN DAN PERIKANAN KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0350.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Wilayah Sentra Produksi (Unggulan) Komoditi Unggulan Pertanian Terpilih Dalam Lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Solok Selatan”. Dalam penelitian ini digunakan data primer dan sekunder dengan metode yang digunakan adalah metode survey. Data yang dikumpulkan adalah data rencana program jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2006-2010 dan 2011-2015, serta data jumlah produksi komoditi unggulan terpilih dan subsektornya dalam lingkup satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yaitu komoditi padi, jeruk, manggis, sapi potong dan ikan nila/mujahir tahun 2006-2010. Alat analisis yang digunakan untuk menganalisi wilayah sentra produksi (unggulan) komoditi unggulan terpilih adalah analisis Location Quotients (LQ.) Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis Location Quotients (LQ) diperoleh kecamatan yang menjadi wilayah sentra produksi (unggulan) komoditi unggulan terpilih Kabupaten Solok Selatan periode tahun 2006-2010 adalah Kecamatan Sangir merupakan wilayah sentra produksi (unggulan) untuk komoditi unggulan sapi potong, jeruk dan padi. Kecamatan Sangir Balai Janggo merupakan wilayah sentra produksi (unggulan) komoditi sapi potong. Kecamatan Sangir Batang Hari merupakan wilayah sentra produksi (unggulan) komoditi manggis. Kecamatan Sangir Jujuan merupakan wilayah sentra produksi (unggulan) komoditi padi dan manggis. Kecamatan Pauh Duo merupakan wilayah sentra produksi (unggulan) komoditi jeruk dan ikan nila/mujahir dan Kecamatan Sungai Pagu merupakan wilayah sentra produksi (unggulan) komoditi manggis, ikan nila/mujahir dan padi. Program-program pemerintah daerah kabupaten Solok Selatan terkait pengembangan komoditi unggulan terpilih adalah (1) Program peningkatan produksi, produktifitas, dan mutu tanaman pangan untuk mencapai swasembada berkelanjutan, (2) Program pengembangan komoditi jeruk dan perluasan areal tanam tanaman jeruk, (3) Program pengembangan kawasan daerah aliran sungai (DAS), (4) Program penyelamatan sapi betina produktif, (5) Program penembahan populasi (Restoking) ikan nila melalui pengembangan kawasan budidaya (6) Program integrasi ternak sapi dengan tanaman sawit dan (7) Program pengembangan perikanan berbasis budidaya mina padi. Dalam usaha pengembangan komoditas unggulan terpilih pada periode-periode berikutnya, disarankan kepada pemerintah daerah Kabupaten Solok Selatan untuk mengembangkan komoditas unggulan terpilihnya sesuai dengan wilayah unggulan dari komoditas tersebut. Selain itu juga disarankan bahwa dalam proses perencanaan program-program pengembangan komoditas unggulan untuk mempertimbangkan dan memasukkan kembali program-program sebelumnya yang telah mencapai tujuan dan memberikan hasil yang positif pada perencanaan program-program pengembangan pada periode berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 23 Aug 2016 09:55
Last Modified: 23 Aug 2016 09:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15543

Actions (login required)

View Item View Item