PENGARUH INVESMENT OPPORTUNITY SET, PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE, TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BEI (TAHUN 2009 - 2011)

AZNI, WALNIATI (2013) PENGARUH INVESMENT OPPORTUNITY SET, PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE, TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BEI (TAHUN 2009 - 2011). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
2208201618.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh Invesment Opportunity Set, Profitabilitas, Financial Leverage, Terhadap Kebijakan Dividen Kas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2009 sampai tahun 2011. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan dan situs resmi yang menyediakan informasi terkait variabel yang diteliti dari tahun 2009 sampai tahun 2011. Sampel diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, yakni berdasarkan kriteria yang dibutuhkan dalam penelitian. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan dan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil pengujian asumsi klasik yang dilakukan menunjukkan hasil yaitu persamaan regresi telah memenuhi asumsi normalitas, tidak ada problem heterokedastisitas, serta multikolonieritas. Hasil analisis dengan uji-t statistik memperlihatkan bahwa secara parsial investment opportunity set tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen kas, profitabilitas dengan rasio ROA dan NPM berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen kas, dan financial leverage berpengaruh negatif terhadap kebijkan dividen kas , Hasil uji statistik F menunjukkan secara simultan ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen kas. Kata Kunci: Investment Opportunity Set, Profitabilitas, Financial Leverage, Kebijakan Dividen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 23 Aug 2016 09:53
Last Modified: 23 Aug 2016 09:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15540

Actions (login required)

View Item View Item