PENGARUH AMPAS SAGU DAN AMPAS TAHU FERMENTASI DENGAN Monascus purpureus DALAM RANSUM TERHADAP KANDUNGAN KOLESTEROL, LEMAK DAN WARNA KUNING TELUR PUYUH

IRWAN, EFANDI (2011) PENGARUH AMPAS SAGU DAN AMPAS TAHU FERMENTASI DENGAN Monascus purpureus DALAM RANSUM TERHADAP KANDUNGAN KOLESTEROL, LEMAK DAN WARNA KUNING TELUR PUYUH. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0322.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan produk campuran Ampas Sagu dan Ampas Tahu Fermentasi (ASATF) dengan Monascus purpureus terhadap kandungan kolesterol, lemak dan warna kuning telur puyuh. Penelitian ini menggunakan puyuh (Coturnix-coturnix japonica) fase layer berumur 4 minggu sebanyak 200 ekor. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), 4 perlakuan yaitu A (0 % ASATF dalam ransum), B (5 % ASATF dalam ransum), C (10 % ASATF dalam ransum), dan D (15 % ASATF dalam ransum) dengan 5 ulangan. Peubah yang diamati adalah kolesterol kuning telur (mg/dl), lemak kuning telur (%) dan warna kuning telur puyuh petelur. Hasil analisis ragam menunjukkan penggunaan ASATF sampai level 15% dalam ransum memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan kolesterol kuning telur (mg/dl), dan berbeda nyata (P<0,05) terhadap kandungan lemak kuning telur (%) serta berbeda nyata (P < 0,05) terhadap warna kuning telur puyuh puyuh petelur. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan produk campuran Ampas Sagu dan Ampas Tahu Fermentasi (ASATF) dengan kapang Monascus purpureus sebanyak 15% dalam ransum puyuh petelur dapat menurunkan kolesterol kuning telur (mg/dl) dan lemak kuning telur (%) serta meningkatkan warna kuning telur puyuh puyuh petelur. Pada kondisi ini diperoleh kolesterol kuning telur 128,67 mg/dl, lemak kuning telur 7,22 % dan warna kuning telur puyuh 8.80 . Kata kunci : Ampas sagu, ampas tahu, Monascus purpureus, kolesterol, lemak dan warna kuning telur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:10
Last Modified: 22 Aug 2016 10:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15467

Actions (login required)

View Item View Item