PENGARUH LAMA PERENDAMAN DAN KONSENTRASI LARUTAN KHITOSAN PADA BAKSO ITIK AFKIR TERHADAP KADAR AIR, NILAI pH, TOTAL KOLONI BAKTERI DAN MASA SIMPAN

ARDHI, SURYA DINATA (2011) PENGARUH LAMA PERENDAMAN DAN KONSENTRASI LARUTAN KHITOSAN PADA BAKSO ITIK AFKIR TERHADAP KADAR AIR, NILAI pH, TOTAL KOLONI BAKTERI DAN MASA SIMPAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
220820163.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi lama perendaman dan konsentrasi larutan khitosan terhadap kadar air, nilai pH, total koloni bakteri dan masa simpan bakso itik afkir. Bahan yang dipakai dalam penelitian ini adalah bakso yang terbuat dari daging itik afkir. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 3x3 dengan 3 ulangan untuk setiap kombinasi perlakuan adalah Faktor A = lama perendaman (5 menit, 10 menit dan 15 menit) dan Faktor B = konsentrasi larutan khitosan (1%, 1.25% dan 1.50%). Variabel yang diamati adalah kadar air, nilai pH, total koloni bakteri dan masa simpan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara lama perendaman dan konsentrasi larutan khitosan yang memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0.05) terhadap kadar air sedangkan pada nilai pH, total koloni bakteri dan masa simpan memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0.05). Kesimpulan dari hasil penelitian adalah lama perendaman dan konsentrasi larutan khitosan pada kadar air terdapat pengaruh interaksi nyata, namun tidak terdapat interaksi pada nilai pH, total koloni bakteri dan masa simpan. Kata kunci : Bakso itik afkir, lama perendaman, konsentrasi larutan khitosan, kadar air, total koloni bakteri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:04
Last Modified: 22 Aug 2016 10:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

View Item View Item