Segmentasi Pasar Pada Semen Padang Hospital

Wina, Oktarin (2015) Segmentasi Pasar Pada Semen Padang Hospital. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
201512161818th_tugas akhir pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di zaman sekarang ini semakin banyak masyarakat yang terserang penyakit, dan banyaknya jenis penyakit baru yang bermunculan. Banyak faktor yang menyebabkannya mulai dari kurang olahraga, makan makanan cepat saji, lingkungan hidup yang kurang bersih dan penggunaan barang elektronik yang berlebihan sehingga memunculkan efek radiasi yang tidak baik bagi tubuh. Selain itu faktor ekonomi juga mempengaruhi, banyak masyarakat yang hidup dikalangan kurang mampu sehingga tidak mendapatkan akses kesehatan yang baik. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatnya tingkat pendapatan telah membuka pemikiran dan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat. Dewasa ini, kesehatan dipandang sebagai salah satu indikator penting dari tingkat kesejahteraan dan kualitas hidup seseorang. Seiring dengan keadaan sosial masyarakat yang semakin meningkat, masyarakat akan semakin sadar kualitas atau mutu pelayanan kesehatan yang lebih berorientasi pada kepuasan konsumen. Artinya pelayanan kesehatan berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan mengevaluasi berdasarkan sudut pandang konsumen. Pemerintah sudah mulai menyadari pentingnya kesehatan bagi masyarakat, terbukti dengan banyaknya program-progam kesehatan yang bermunculan seperti ASKES, JAMKESDA, JAMKESMAS, dan sekarang muncul program BPJS. Namun fasilitas yang ada belum mencukupi kebutuhan masyarakat seperti fasilitas rumah sakit. Rumah sakit merupakan tempat konsentrasi berbagai ahli kesehatan, kedokteran, dan pasien yang sakit. Rumah sakit mengalami pertumbuhan yang begitu pesat sejak badan hukum perseroan terbatas diizinkan untuk mendirikan rumah sakit. Diizinkannya badan hukum perseroan terbatas untuk mendirikan rumah sakit menyebabkan terjadinya persaingan antara rumah sakit dalam meningkatkan jumlah pemakai jasa rumah sakit.Untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat maka upaya yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan menetapkan segmentasi pasar. Tujuan perusahaan menerapkan segmentasi pasar adalah untuk lebih menfokuskan pemasaran sehingga dapat menetapkan prioritas dalam melayani pasar secara maksimal. Hal tersebut dilakukan perusahaan semata-mata untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan agar persepsi pelanggan terhadap Rumah Sakit semakin baik dan mendapatkan posisi terbaik di benak pelanggan. Salah satu Rumah Sakit yang sedang berkembang di kota padang adalah Rumah Sakit Semen Padang. Rumah sakit ini merupakan anak perusahaan dari PT. Semen Padang. Sebagai rumah sakit swasta menarik untuk dikaji bagaimana rumah sakit ini dalam menentukan segmen pasar yang dituju. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan magang dan mengajukan proposal magang di perusahaan tersebut untuk melihat secara langsung bagaimana penerapan segmentasi pasar pada Semen Padang Hospital. Oleh karena itu, proposal magang ini diberi judul “Segmentasi pasar pada Semen Padang Hospital”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: Ms Randa Erdianti
Date Deposited: 12 Feb 2016 07:52
Last Modified: 12 Feb 2016 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1543

Actions (login required)

View Item View Item