PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMK-SMAK PADANG

ADELINE, ANWAR (2015) PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMK-SMAK PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adeline Anwar, No. BP: 1110842032, Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 terhadap Mutu Pendidikan di SMK - SMAK Padang, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas llmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2015. Dibimbing oleh Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP dan Roza Liesmana, S.IP, M. Si. Skripsi ini terdiri dari 119 halaman dengan referensi 14 buku te ori, 8 buku metode,1 tesis, 1 skripsi, 2 jurnal, 1 artikel, 2 perundang - undangan, 4 dokumen, dan 2 website internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 terhadap mutu pendidikan di SMK - SMAK Padang. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 merupakan salah satu pedoman berstandar internasional yang pada awalnya digunakan oleh dunia industri guna memanajemen proses yang berlangsung sehingga mampu meningkatkan mutu produk yang dihasilkan. Seiring dengan perkembangan waktu dan tingginya tuntutan masyarakat terhadap mutu pada pendidikan, maka dunia pendidikan juga mulai menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Salah satunya adalah SMK - SMAK Padang yang mulai menerapkan semen jak tahun 2007 hingga saat sekarang. Diterapkannya sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 secara tidak langsung juga sudah diamanatkan dalam peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu, yaitu penerapan standar mutu pendidikan diatas standar nasional pendidikan. Sehingga perlu diketahui bagaimana pengaruh yang ditimbulkan jika diterapkan disekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah den gan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berupa penggambaran jawaban responden, dan analisis data statistik dengan aplikasi SPSS 20 dengan menggu na kan koefisien korelasi Kendall‟s Tau. Hasil pene litian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen mutu pada SMK - SMAK Padang yang berpedoman pada sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dikategorikan tinggi, dengan analisis deskriptif persentase memperoleh skor sebesar 90,36% dan mutu pendidikan di SMK - SMAK Padang juga dikategorikan tinggi yaitu sebesar 91,84%. Dan b erdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan SPSS, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,769 pada Kendall‟s tau. Interpretasi nilai kofisien korelasi tersebut menunjukkan tingkat yang kuat. Dengan taraf signifikan sebesar 0,05. Dan pada kolom nilai Sig. kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,00 yang berarti terdapat hubungan antara penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 terhadap mutu pendidikan di SMK - SMAK Padang. Koefisien determi niasi yang menunjukkan pengaruh antara sistem manajemen mutu den gan mutu pendidikan sebesar 59,1 %, yang dapat diartikan bahwa terdapat p e ngaruh antara sistem manajemen mutu dengan mut u pendidikan, atau Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:01
Last Modified: 21 Aug 2016 08:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15392

Actions (login required)

View Item View Item