KEMAMPUAN BAHASA PENDERITA AUTIS PASCATERAPI WICARA STUDI KASUS “NIKO PRATAMA” DI SLB RESTU IBU BUKITTINGGI

Fitri, Wahyuni (2015) KEMAMPUAN BAHASA PENDERITA AUTIS PASCATERAPI WICARA STUDI KASUS “NIKO PRATAMA” DI SLB RESTU IBU BUKITTINGGI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201507291249th_fitri wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fitri Wahyuni, 2015. “Kemampuan Bahasa Penderita Autis Pascaterapi Wicara Studi Kasus “Niko Pratama” Di SLB Restu Ibu Bukittinggi”. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Padang. Pembimbing I Dr. H. Gusdi Sastra, M.Hum, dan Pembimbing II Leni Syafyahya, S.S., M.Hum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbahasa dalam segi pengusaan kosa kata pada anak autis.Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan satuan lingual yang dikuasai oleh Niko Pratama penderita autis pascaterapi wicara; (2) mendeskripsikan kemampuan berbahasa Niko Pratama penderita autis pascaterapi wicara. Metode dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga yaitu tahap penyediaan data, tahap analisis data, dan tahap penyajiaan hasil analisis data. Dalam tahap penyediaan data digunakan metode simak dan cakap. Teknik dasar yang digunakan dalam tahap penyediaan data adalah teknik sadap dengan teknik lanjutan simak libat cakap (SLC) serta teknik catat dan teknik rekam. Dalam tahap analisis data digunakan metode agih. Teknik dasar dalam metode agih yang digunakan adalah teknik bagi unsur langsung (BUL), dengan teknik lanjutan teknik ganti, teknik pengulangan dan teknik perluas. Dalam tahap penyajian hasil analisis data akan digunakan metode penyajian formal dan informal. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa, (1) satuan lingual yang dikuasai oleh Niko adalah satuan lingual kata, frasa, dan klausa. Satuan lingual kata yang diperoleh Niko diantaranya menggambar, pinjam, istirahat, masuk, tutup, gambar rumah, buku, ayah, pintu, celana, mainan. Satuan lingual frasa yang dikuasai Niko diantaranya buku Niko, diantar, istirahat bu, pewarna Niko, Celana merah, mobil Niko, pakaian Niko, baju sekolah, motor ayah. Satuan lingual klausa yang dikuasai Niko diantaranya belajar matematika, bu Fais duduk, Niko masjid jamiak shalat, Niko pulang sekolah, dijemput papa, naik mio. (2) Kemampuan berbahasa Niko anak penderita autisme akan muncul setelah mendapatkan penanganan terapi secara intensif. kemampuan berbahasa Niko pascaterapi wicara, lebih banyak menggunakan satu kata atau dua kata yang bermakna kalimat. Kemampuan berkomunikasi Niko penulis lihat dari berbicara spontan yang terjadi baik antara Niko dan guru terapis maupun dengan penulis. Kemampuan berbicara yang muncul secara spontan hanya berupa kata atau kalimat-kalimat pendek. Kemampuan berbahasa Niko pascaterapi sudah menunjukkan perkembangan yang sangat baik dalam berkomunikasi. Niko sudah mulai lancar dalam menyebutkan kata-kata yang sudah diberikan dengan mengulang-ulang perkataan terapis atau orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 21 Aug 2016 03:37
Last Modified: 21 Aug 2016 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15357

Actions (login required)

View Item View Item