TIGA FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERBUATAN KORUPSI DI INDONESIA TELAAH KASUS YANG DITANGANI KEJAKSAAN DAN PENGADILAN NEGERI PADANG, SUMATERA BARAT

GUSTI, NURSYAMSI (2013) TIGA FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERBUATAN KORUPSI DI INDONESIA TELAAH KASUS YANG DITANGANI KEJAKSAAN DAN PENGADILAN NEGERI PADANG, SUMATERA BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0283.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Korupsi sudah berlangsung sejak lama, sejak zaman Mesir Kuno, Babilonia, Roma sampai abad pertengahan dan sampai sekarang. Korupsi terjadi di berbagai negara, tak terkecuali di negara maju sekalipun. Di negara Amerika Serikat sendiri yang sudah begitu maju masih ada praktek korupsi. Sebaliknya, pada masyarakat primitif di mana ikatan-ikatan sosial masih sangat kuat dan kontrol sosial yang efektif, korupsi relatif jarang terjadi. Tetapi dengan semakin berkembangnya sektor ekonomi dan politik serta semakin majunya usaha-usaha pembangunan dengan pembukaan sumber alam baru, maka semakin kuat dorongan individu terutama di kalangan pegawai negeri untuk melakukan praktek korupsi dan usaha-usaha pengelapan. Selain itu, korupsi di mulai dengan semakin mendesaknya usaha-usaha pembangunan yang di inginkan, sedangkan proses birokrasi relatif lebih lambat, 3 sehingga setiap orang atau badan menginginkan jalan pintas yang cepat dengan memberikan imbalan-imbalan dengan cara memberikan uang pelicin (uang sogok). Korupsi di Indonesia benar-benar sangat sistemik, bahkan korupsi yang terjadi sudah berubah menjadi vampire state karena hampir semua infra dan supra struktur politik dan sistem ketatanegaraan sudah terkena penyakit korupsi. Agenda pemberantasan korupsi sampai detik ini hanyalah di jadikan komoditas politik bagi elit politik, lebih banyak pada penghancuran karakter (character assasination) bagi elit yang terindikasi korupsi di banding pada proses hukum yang fair dan adil. Law enforcement bagi koruptor juga menjadi angin lalu, padahal tindakan korupsi yang di lakukan koruptor sangatlah merugikan rakyat, Masduki (2002) dalam Klitgaard,dkk (2002).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 20 Aug 2016 02:43
Last Modified: 20 Aug 2016 02:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15281

Actions (login required)

View Item View Item