ANALISA PROSES KOMUNIKASI DALAM PENGELOLAAN “IKAN LARANGAN” DI NAGARI BARUNG-BARUNG BELANTAI KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

NALA, SARI TANJUNG (2013) ANALISA PROSES KOMUNIKASI DALAM PENGELOLAAN “IKAN LARANGAN” DI NAGARI BARUNG-BARUNG BELANTAI KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0262.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang analisa proses komunikasi dalam pengelolaan “Ikan Larangan” ini dilakukan pada bulan April s/d Juli 2013 yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan “Ikan Larangan” oleh masyarakat nagari, proses komunikasi yang terjadi antar tokoh masyarakat nagari dan proses komunikasi yang terjadi antara tokoh masyarakat dan masyarakatnya dalam kegiatan pengelolaan “Ikan Larangan”. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dimana data diperoleh dari sumber data melalui metode observasi dan wawancara mendalam di lapangan, kemudian dianalisa menggunakan metode kualitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan “Ikan Larangan” merupakan salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat Nagari Barung-Barung Belantai. Proses komunikasi yang terjadi antar tokoh masyarakat nagari dan antar masyarakat nagari berlangsung secara konvergen, sedangkan proses komunikasi antara tokoh masyarakat nagari dengan masyarakatnya berlangsung secara linier. Kedua proses komunikasi tersebut telah mendukung dan menopang proses pengelolaan “Ikan Larangan” dengan baik. Bagaimanapun proses komunikasi yang terjadi (konvergen atau linier), yang terpenting untuk diperhatikan adalah keikutsertaan dan keterlibatan semua masyarakat dalam proses komunikasi sehingga tujuan akhir dari komunikasi yaitu kesepahaman bersama dan aksi bersama dalam pengelolaan “Ikan Larangan” berlangsung secara baik dan efektif. Guna mendukung keberlanjutan pengelolaan “Ikan Larangan”, maka disarankan kepada pengurus dan pengelola mempunyai sistem pembukuan dan dokumentasi yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 20 Aug 2016 02:02
Last Modified: 20 Aug 2016 02:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15262

Actions (login required)

View Item View Item