MOTIF PEREMPUAN BERPENDIDIKAN TINGGI BERALIH PEKERJAAN MENJADI PEDAGANG Studi kasus 5 orang Pedagang Konveksi Perempuan yang berasal dari Nagari Sariak Sungai Pua yang berdagang di Thamrin City Jakarta

DEA, SYAWALIA ARMAN (2013) MOTIF PEREMPUAN BERPENDIDIKAN TINGGI BERALIH PEKERJAAN MENJADI PEDAGANG Studi kasus 5 orang Pedagang Konveksi Perempuan yang berasal dari Nagari Sariak Sungai Pua yang berdagang di Thamrin City Jakarta. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0254.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Merantau sudah menjadi bahagian yang tak terpisahkan dalam masyarakat Minangkabau. Masyarakat Minangkabau telah merantau semenjak dahulu kala. Merantau berarti meninggalkan kampung halaman. Bertujuan mencari kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Tradisi merantau juga terjadi pada masyarakat Nagari Sariak Sungai Pua Sumatera Barat. Awal merantau dengan berdagang barang antik seperti: piring, guci, dan cangkir dari keramik yang berasal dari Negeri Cina. Namun setelah terjadinya pengalihan tempat para pedagang sariak pindah kekawasan tanah abang dan yang meneruskan dagangan yaitu para istri dan anak-anaknya. Hingga sampai sekarang anak-anak perempuan yang telah menamatkan pendidikannya dan juga telah pernah bekerja dari pedagang tersebut yang melanjutkan menjadi pedagang. Berdasarkan latar belakang tersebut maka yang menjadi rumusan masalah adalah mengapa perempuan berpendidikan tinggi berpindah pekerjaan menjadi pedagang Penelitian ini menggunakan Teori fenomenologi, disebabkan orang melakukan tindakan berdasarkan pada pengalaman masa lalu. Pengalaman ini memberikan seperangkat pengetahuan dimana individu menginterpretasikan sesuatu yang menjadi dasar dari tindakannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatatan kualitatif dengan tipe penelitian bersifat deskriptif. Sementara itu, informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi terlibat dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa motif perempuan berpendidikan tinggi berdagang adalah (1) in order to motive yakni pengambilan keputusan tidak hanya terpaku pada keputusan diri sendiri atau pengetahuan yang dimiliki, akan tetapi adanya pengaruh dari orang sekitar yang membuat individu tersebut yakin dengan keputusan yang dipilihnya.. Sedangkan 2) because of motive yakni Pengalaman masa lalu, yang mana berada ditengah keluarga pedagang dan adanya imbalan dari orangtua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 20 Aug 2016 01:48
Last Modified: 20 Aug 2016 01:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15254

Actions (login required)

View Item View Item