ANALISIS STABILITAS LERENG DAN PENGARUH DINDING PENAHAN TANAH KANTILEVER MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS 8.2 (Studi Kasus: Lereng Kampung Ubi Batu Busuk, Padang)

AMANDA, OCTAVIANA (2013) ANALISIS STABILITAS LERENG DAN PENGARUH DINDING PENAHAN TANAH KANTILEVER MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS 8.2 (Studi Kasus: Lereng Kampung Ubi Batu Busuk, Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0249.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lereng merupakan suatu kondisi topografi yang banyak dijumpai pada berbagai pekerjaan konstruksi sipil. Lereng dapat terjadi secara alami maupun sengaja dibuat oleh manusia dengan tujuan tertentu. Analisis stabilitas lereng mempunyai peran yang sangat penting pada perencanaan konstruksi sipil. Kondisi tanah asli tidak selalu sesuai dengan perencanaan yang diinginkan, sehingga diperlukan analisis yang lebih akurat. Mendapatkan suatu nilai faktor keamanan minimum dari suatu analisis stabilitas lereng dapat menggunakan program Plaxis 8.2. Penelitian ini membahas tentang analisis stabilitas lereng dan perencanaan dinding penahan tanah kantilever. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari nilai faktor keamanan lereng pada kondisi alami, stabilitas dinding penahan tanah tipe kantilever, serta nilai faktor keamanan lereng setelah diberi dinding penahan tanah. Perhitungan dilakukan dengan dua cara, yaitu perhitungan secara manual dan perhitungan secara numerik dengan program Plaxis 8.2. Data tanah yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data tanah pada lereng Kampung Ubi Batu Busuk Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka keamanan pada lereng alami bernilai rendah yaitu sebesar 0,8452 dan memungkinkan terjadinya longsor. Kemudian direncanakan dinding penahan tanah kantilever dengan dimensi H = 8m, B = 5,6 m, D = 2,8 m, tinggi toe = 0,8 m, tinggi heel = 0,8 m, panjang toe = 0,8 m, panjang heel = 4 m, dan lebar puncak = 0,5 m. Setelah dicek stabilitasnya maka dinding tersebut aman terhadap gaya guling, geser, dan daya dukung. Setelah diberi dinding penahan tanah, maka terjadi peningkatan angka keamanan pada lereng tersebut dengan nilai faktor keamanan sebesar 1,1056. Kata Kunci : dinding penahan tanah kantilever, Plaxis 8.2, stabilitas lereng

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 19 Aug 2016 01:55
Last Modified: 19 Aug 2016 01:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15213

Actions (login required)

View Item View Item