PENGARUH PENGOLAHAN RANSUM KOMPLIT BERBASIS LIMBAH TEBU TERHADAP KONSUMSI RANSUM, PERTAMBAHAN BOBOT BADAN, DAN EFISIENSI PENGGUNAAN RANSUM PENGGEMUKKAN SAPI PERANAKAN ONGOLE (PO)

WELPRIADI, WELPRIADI (2013) PENGARUH PENGOLAHAN RANSUM KOMPLIT BERBASIS LIMBAH TEBU TERHADAP KONSUMSI RANSUM, PERTAMBAHAN BOBOT BADAN, DAN EFISIENSI PENGGUNAAN RANSUM PENGGEMUKKAN SAPI PERANAKAN ONGOLE (PO). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0239.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh pengolahan limbah tebu yang efektif untuk meningkatkan konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan efisiensi penggunaan ransum ternak sapi potong. Penelitian ini menggunakan empat ekor sapi peranakan Ongole dengan umur 2-2,5 tahun dan bobot badan 168-178 kg. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Bujur Sangkar Latin 4 x 4, dengan 4 periode. Perlakuan yang diberikan yaitu: A = Pucuk tebu segar + Ampas tebu segar + konsentrat, B = Pucuk tebu segar + Ampas tebu segar + konsentrat (dijadikan silase), C = Silase pucuk tebu + Amoniasi ampas tebu + konsentrat dan D = Pucuk tebu segar + amoniasi ampas tebu + konsentrat (dijadikan silase). Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan efisiensi penggunaan ransum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bahan kering ransum memberikan hasil berbeda tidak nyata (P>0,05) dengan nilai berkisar 4,42 kg/ekor/hari sampai 4,94 kg/ekor/hari atau 2,38% sampai 2,45% dari bobot badan. Pertambahan bobot badan sapi PO menunjukan berbeda tidak nyata (P>0,05) dengan kisaran 0,41 kg/ekor/hari sampai 0,57 kg/ekor/hari. Hasil berbada tidak nyata terjadi juga pada efisiensi penggunaan ransum dengan kisaran 8,20% sampai 11,38%. Penggunaan ransum komplit limbah tebu yang diolah baik yang disilase maupun diamoniasi memberikan hasil yang sama terhadap konsumsi ransum, bertambahan bobot badan dan efisiensi penggunaan ransum. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan ransum komplit limbah tebu yang diolah baik yang disilase, maupun diamoniasi serta tanpa diolah dari perlakuan A, B, C, dan D memberikan pengaruh yang sama terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan efisiensi penggunaan ransum Kata kunci : Teknologi pengolahan ampas tebu, sapi PO, konsumsi ransum, pertamhahan bobot badan, efisiensi ransum

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 18 Aug 2016 09:46
Last Modified: 18 Aug 2016 09:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15195

Actions (login required)

View Item View Item