POLA PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA IBU DAN AYAH YANG BEKERJA ( Studi Kasus : Sepuluh Keluarga TNI, Komplek Asrama TNI – AD Terandam,Kecamatan Padang Timur, Kota Padang )

SUSI, DWI ARIES (2013) POLA PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA IBU DAN AYAH YANG BEKERJA ( Studi Kasus : Sepuluh Keluarga TNI, Komplek Asrama TNI – AD Terandam,Kecamatan Padang Timur, Kota Padang ). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0214.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)

Abstract

Wanita telah tergariskan memiliki status sebagai Ibu rumah tangga. Namun pada saat sekarang ini wanita tidak ssemata – mata mempunyai tugas sebagai Ibu rumah tangga saja. Tetapi wanita ikut aktif bekerja di luar rumah tangga dengan melakukan pekerjaan – pekerjaan produktif dan menyumbang terhadap ekonomi keluarga. Meskipun demikian, wanita di tuntut untuk tidak mengenyampingkan tugasnya sebagai Ibu rumah tangga yaitu sebagai pengasuh dan pendidik bagi anak – anaknya. Pengasuhan anak menyangkut bagaiamana anak diasuh dan dididik. Sehingga menjadi anak yang baik secara fisik atau sosial dapat di terima dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisa data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif teknik pengumpulan data melalui observasi ( pengamatan ) dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua – orang tua yang tinggal Asrama TNI – AD Terandam. Di mana ayah yang bekerja sebagai anggota TNI dan Ibu yang juga ikut bekerja di luar rumah seperti : Pegawai Negeri atau Pegawai Swasta. Sehingga dapat memberikan informasi – informasi yang sesuai dengan tujuan penelitian. Dari penelitian ini terlihat bahwa Pola Pengasuhan Anak Pada Keluarga Ibu dan Ayah yang Bekerja merupakan pola atau cara pengasuhan yang dilakukan oleh ibu dan ayah dan juga keluarga luas lainnya seperti Nenek dimana mereka dalam mengasuh dan juga mendidik anak dalam memperkenalkan norma – norma yang ada dalam mengasuh dan juga mendidik anak memperkenalkan norma – norma yang ada dalam masyarakat seperti norma agama, nilai moral dan sopan santun kepada anak yang juga melibatkan anggota keluarga luas lainnya yaitu Nenek. Pengasuhan dari ibu dan ayah yang bekerja terhadap anaknya dilakukan dengan berbagai metode atau pola asuh baik yang dilakukan secara otoriter, demokrasi, primitif maupun secara penggabungan dari pola asuh yang satu dengan pola asuh yang lain. Pengasuhan yang dilakukan oleh keluarga inti atau keluarga anggota TNI di kompleks Asrama TNI – AD Terandam belum tentu sesuai dengan pola asuh yang juga diterapkan oleh keluarga luas mereka. Akan tetapi, saat Ibu berada di rumah maka tugasnya sebagai pengasuh dan pendidik anak – anaknya pun berfungsi kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 18 Aug 2016 07:48
Last Modified: 18 Aug 2016 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15153

Actions (login required)

View Item View Item