ANTROPOMETRI SENDI PERGELANGAN TANGAN PADA MAHASISWA KEDOKTERAN YANG BERETNIS MINANGKABAU DI LINGKUNGAN RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Daldy, Arianda (2015) ANTROPOMETRI SENDI PERGELANGAN TANGAN PADA MAHASISWA KEDOKTERAN YANG BERETNIS MINANGKABAU DI LINGKUNGAN RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201506261014th_format_unand_daldy1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang :Bangsa Indonesia adalah bangsa yang multikultural. Hal ini terlihat dari keberagaman masyarakat Indonesia yang majemuk baik dari suku/etnis. Antropometri adalah suatu studi yang berkaitan dengan tubuh manusia. Kompenen dalam antropometri meliputi morfometri dan rentang gerak sendi. Seperti diketahui bahwa penatalaksanaan fraktur distal radius adalah mengembalikan kekuatan menggenggam serta mempertahankan biomekanik gerakan sendi pergelangan tangan sehingga pasien dapat mengerjakan aktifitas seperti sediakala sesuai dengan waktu yang diharapkan serta mengurangi resiko penyakit degeneratif sendi pergelangan tangan di kemudian hari. Dari berbagai jurnal dan literature penilaian lebih banyak hanya pada morfometri saja, sementara rentang gerak sendi juga merupakan bagian dari penilaian keselarasan anatomi juga. Sejauh ini kita masih menggunakan nilai antropometri dari literature barat, sehingga menjadi kurang bijaksana jika kita berpatokan pada nilai antropemtri barat yang secara anatomi berbeda dengan bangsa Indonesia. Oleh karena itu penelitian ini menitikberatkan nilai antropometri etnis Minangkabau yang merupakan bagian dari populasi bangsa Indonesia. Metode : Penelitian ini menggunakan metode survey analitik cross sectional pada mahasiswa kedokteran pria dan wanita beretnis Minangkabau yang berusia 21- 25 tahun dalam lingkungan RSUP DR. M.Djamil Padang dengan besaran sampel 50 orang. Data akan di análisis untuk mengetahui nilai mean dan estándar deviasi serta menguji perbedaan ukuran antropometripria dan wanita dengan menggunakan t-test independen dengan derajat kepercayaan 95%. Kemaknaan hasil uji ditentukan oleh nilai p < 0,05. Hasil : Didapatkan dari hasil pengolahan data nilai Mean dan Simpang deviasi ukuran ROM palmarfleksi 79,22 + 9,58; dorsofleksi 72,22 + 10,54; ulnardeviasi 40,74 + 9,43; radial deviasi 24,68 + 4,92. Ukuran radial inclination 24,02 + 3,49. Ukuran Radial length 11,35 + 1,56. UkuranPalmar Tilt 12,27 + 6,12. Secara statistik pada nilai radial inclination dalam penelitian ini signifikan yaitu p 0,001. Kesimpulan : Terdapat perbedaan nilai rerata yang bermakna pada radial inclination antara pria dan wanitaetnis Minangkabau. Kata Kunci : Antopometri,Minangkabau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 18 Aug 2016 07:19
Last Modified: 18 Aug 2016 07:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15146

Actions (login required)

View Item View Item