EVALUASI EFEK PERBAIKAN FAKTOR DAYA TERHADAP DROP TEGANGAN DAN LOSSES PADA SISTEM KELISTRIKAN DI PDAM GUNUNG PANGILUN MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP 12.6

Rahmi, Oktaviana (2016) EVALUASI EFEK PERBAIKAN FAKTOR DAYA TERHADAP DROP TEGANGAN DAN LOSSES PADA SISTEM KELISTRIKAN DI PDAM GUNUNG PANGILUN MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP 12.6. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Skripsi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, semakin banyak diciptakan alat-alat yang menggunakan tenaga listrik. Alat-alat listrik banyak digunakan pada rumah tangga maupun industri. Semakin besar penggunaan beban yang memanfaatkan tenaga listrik, maka tuntutan akan konsumsi listrik meningkat terutama pada industri khususnya pada PDAM Gunung Pangilun . PDAM Gunung Pangilun banyak menggunakan beban induktif. Beban-beban induktif menjadi salah satu penyebab buruknya kualitas daya, untuk itu perlu dilakukan evaluasi efek perbaikan faktor daya terhadap drop tegangan dan losses pada sistem kelistrikan di PDAM Gunung Pangilun dengan menggunakan software Etap 12.6. Upaya perbaikan faktor daya untuk mengurangi drop tegangan dan losses dilakukan dengan penambahan kapasitor bank pada sistem kelistrikan di PDAM Gunung Pangilun. Dari hasil simulasi dengan menggunakan software Etap 12.6 didapatkan profil faktor daya terbesar sebelum pemasangan kapasitor bank yaitu 90,2 %, setelah pemasangan kapasitor bank pertama yaitu 99,4 % dan setelah pemasangan kapasitor bank kedua yaitu 99,6 %. Faktor daya terkecil pada semua skenario sama yaitu 77%. Sedangkan drop tegangan terbesar sebelum pemasangan kapasitor bank yaitu 11,91%, setelah pemasangan kapasitor pertama yaitu 11,04% dan setelah pemasangan kapasitor kedua yaitu 7,61%. Untuk losses, total losses sebelum pemasangan kapasitor bank yaitu 51,134 kW dan 84,991 kVar, setelah pemasangan kapasitor bank pertama yaitu 45,059 kW dan 74,269 kVar dan setelah pemasangan kapasitor bank kedua yaitu 40,683 kW dan 66,754 kVar. Kata Kunci : Faktor daya, drop tegangan, losses, kapasitor bank.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:30
Last Modified: 16 Aug 2016 03:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15001

Actions (login required)

View Item View Item