LINGUISTIC SIGNS ON CHILD ABUSE ARTICLES IN THE JAKARTA POST ONLINE NEWSPAPER

AMELIA, YULI ASTUTI (2014) LINGUISTIC SIGNS ON CHILD ABUSE ARTICLES IN THE JAKARTA POST ONLINE NEWSPAPER. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
CRV0196.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Linguistic Signs on Child Abuse Articles in The Jakarta Post Online Newspaper, membahas tanda lingual, makna konotatif dan makna denotatif yang terdapat pada artikel terkait pelecehan terhadap anak-anak. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menentukan tatanan signifikasi yang terkandung dalam frasa atau kalimat, dan mencari hubungan antara artikel dengan Undang-Undang tersebut. Dalam hal ini, artikel merupakan sumber data utama dan Undang-Undang Perlindungan Anak No. 23 Tahun 2002 sebagai sumber data tambahan. Dari sumbersumber ini, tanda-tanda lingual diperoleh dengan menggunakan metode observasi, pengamatan langsung dan teknik bebas libat cakap. Untuk merinci tampilan data, penulis juga menggunakan teknik capture. Kemudian, data dianalisis secara semiosis dengan mengacu pada teori Linguistic Sign yang dikemukakan oleh Saussure (1915) dan teori order of signification yang dikemukakan oleh Barthes (2003). Teori dari Saussure digunakan untuk menjabarkan penanda dan tinanda dari tanda lingual terpilih. Dari makna denotasi yang terlihat, kemudian dijabarkan makna konotasinya dengan menerapkan teori dari Barthes. Sebagai simpulan, penulis menemukan uraian makna dari tanda-tanda lingual pada artikel tentang pelecahan terhadap anak-anak mendeskripsikan lebih rinci dari makna yang dikandung teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 15 Aug 2016 09:35
Last Modified: 15 Aug 2016 09:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14996

Actions (login required)

View Item View Item