STRATEGI PROMOSI TARI SAMAN SEBAGAI WARISAN BUDAYA DUNIA DARI GAYO LUES (Studi Kasus Tentang Strategi Promosi Tari Saman Sebagai Warisan Budaya Dunia Dari Gayo Lues Provinsi Aceh)

Maliki, Maliki (2015) STRATEGI PROMOSI TARI SAMAN SEBAGAI WARISAN BUDAYA DUNIA DARI GAYO LUES (Studi Kasus Tentang Strategi Promosi Tari Saman Sebagai Warisan Budaya Dunia Dari Gayo Lues Provinsi Aceh). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201504280031th_strategi promosi tari saman sebagai warisan budaya dunia dari gayo lues .compressed1.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tari Saman merupakan budaya yang berasal dari Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh yang telah diakui UNESCO tahun 2011 silam. Setelah diakuinya Tari Saman menjadi warisan budaya dunia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gayo Lues terus mempromosikan Tari Saman di Indonesia dan dunia Internasional, sehingga Tari Saman dikenal seluruh dunia sebagai warisan budaya dunia takbenda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gayo Lues dalam Mempertahankan Tari Saman Gayo Sebagai Warisan Budaya Dunia. Penelitian ini menggunakan Model Komunikasi Braddock sebagai pisau analisis dan kemudian dikaitkan dengan Bauran promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi kemudian data yang didapat diolah menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kepala Dinas Pariwisata dan seluruh Stafnya menjadi komunikator dalam proses komunikasi promosi Tari Saman. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gayo Lues melakukan promosi Tari Saman dengan menggunakan tiga dari lima elemen bauran promosi (Promotion mix) dalam mempromosikan Tari Saman sebagai warisan budaya dunia. Tiga elemen tersebut yang pertama adalah periklanan melalui: surat kabar, majalah, baliho, spanduk, brosur, poster, Televisi, Radio, dan new media dengan Facebook, Twitter dan portal berita online. Kedua promosi penjualan dengan mengadakan event budaya berskala Nasional dan mengikuti event budaya berskala Nasional dan Internasional, ketiga hubungan masyarakat berupa kerja sama dengan Media dalam mempromosikan Tari Saman sebagai warisan budaya dunia. Kata kunci: Tari Saman, UNESCO, Warisan budaya Dunia Tak Benda, Bauran Promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 13 Aug 2016 05:42
Last Modified: 13 Aug 2016 05:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14844

Actions (login required)

View Item View Item