PERBANDINGAN EFEKTIVITAS SIKAT GIGI ORTODONTI DENGAN SIKAT GIGI KONVENSIONAL MENGGUNAKAN METODE BASS MODIFIKASI TERHADAP PENURUNAN RATA-RATA INDEKS PLAK PADA PEMAKAI PIRANTI ORTODONTI CEKAT

LIZA, PUSPITA SARI (2014) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS SIKAT GIGI ORTODONTI DENGAN SIKAT GIGI KONVENSIONAL MENGGUNAKAN METODE BASS MODIFIKASI TERHADAP PENURUNAN RATA-RATA INDEKS PLAK PADA PEMAKAI PIRANTI ORTODONTI CEKAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0172.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

Adanya komponen piranti ortodonti cekat yang menempel pada permukaan gigi dapat meningkatkan akumulasi plak. Plak gigi dapat menyebabkan terjadinya karies pada pemakai piranti ortodonti cekat. Cara yang paling efektif menyingkirkan plak yaitu dengan cara menyikat gigi. Sikat gigi ortodonti didesain khusus untuk menyingkirkan plak yang berada disekitar brackets. Namun, masih banyak pemakai piranti ortodonti yang menggunakan sikat gigi konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas sikat gigi ortodonti dengan sikat gigi konvensional menggunakan metode Bass modifikasi terhadap penurunan rata-rata indeks plak pada pemakai piranti ortodonti cekat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Eksperimental Klinis pre and post test desain. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2013- Januari 2014 di Fakultas Kedokteran Gigi Unand. Populasi terdiri dari mahasiswa angkatan 2010-2013 yang berjumlah 65 orang dan diambil sebanyak 30 orang sebagai sampel, dimana 15 orang menggunakan sikat gigi ortodonti dan 15 orang menggunakan sikat gigi konvensional. Indeks plak yang digunakan adalah Orthodonti Plaque Index (OPI). Analisis data menggunakan Paired Sample TTest dan Un-Paired Sample T-test dengan 0,05 sebagai derajat kepercayaannya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata indeks plak sampel sebelum menyikat gigi menggunakan sikat gigi ortodonti adalah 91,77 dan yang menggunakan sikat gigi konvensional adalah 95,02. Setelah dilakukan penyikatan didapatkan hasil indeks plak pada sikat gigi ortodonti sebesar 12,89 dan sikat gigi konvensional sebesar 60,27, dengan nilai p<0,005. Jadi sikat gigi ortodonti lebih efektif dalam menghilangkan plak daripada sikat gigi konvensional. Saran penelitian ini diharapkan pemakai piranti ortodonti cekat dapat menggunakan sikat gigi ortodonti dengan metode Bass modifikasi selama menjalani perawatan. Kata kunci : Indeks plak, Sikat gigi ortodonti, Sikat gigi konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 13 Aug 2016 05:08
Last Modified: 13 Aug 2016 05:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item View Item