Perbandingan Kunjungan Pasien per Kasus di Pelayanan Kesehatan Gigi Lanjutan pada Rumah Sakit di Kota Padang Ditinjau Dari Pemanfaatan Sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Diva Indah, Pratiwi (2015) Perbandingan Kunjungan Pasien per Kasus di Pelayanan Kesehatan Gigi Lanjutan pada Rumah Sakit di Kota Padang Ditinjau Dari Pemanfaatan Sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201504221805nd_1110343011divaindahpratiwi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Rumah Sakit kota Padang sudah dimulai sejak 1 januari 2014. Dalam pelaksanaannya JKN menerapkan sistem rujukan berjenjang dari fasilitas kesehatan tingkat pertama ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan untuk memenuhi kebutuhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan tingkat kunjungan pasien sebelum dan sesudah dilakukannya JKN dan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya rujukan khususnya di Rumah Sakit Yos Sudarso kota Padang dan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin kota Padang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data primer dari rumah sakit serta dengan wawancara mendalam terhadap dokter gigi dan pasien di fasilitas kesehatan tingkat pertama dan lanjutan. Pengolahan data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan analisa data. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kunjungan pasien di Rumah Sakit Yos Sudarso mengalami peningkatan sedangkan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin mengalami penurunan. Tingkat kunjungan pasien di Rumah Sakit Yos Sudarso meningkat karena kurangnya tenaga ahli serta sarana dan prasarana di pelayanan kesehatan tingkat pertama. Sedangkan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin tingkat kunjungan pasien menurun karena jauhnya lokasi rumah sakit dan sulitnya transportasi menuju rumah sakit. Kesimpulan: Pelaksanaan JKN sudah berjalan cukup optimal, namun masih ada pasien yang mengeluhkan kesulitan dalam memperoleh pelayanan kesehatan terutama di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Disarankan agar pemerintah mempermudah akses menuju Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin dan melengkapi tenaga ahli serta sarana dan prasarana di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Kata kunci: kunjungan per kasus, Rumah Sakit kota Padang, JKN

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 12 Aug 2016 09:06
Last Modified: 12 Aug 2016 09:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14792

Actions (login required)

View Item View Item