AFRI, YUNITA SARI (2014) ANALISIS IKLAN PARIWISATA VISIT INDONESIA 2013 : Kajian Pragmasemiotik. Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (Tesis Fulltext)
13082016 afri y s.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Teks Promosi Pariwisata: Visit Indonesia 2013” membahas tentang anlalisis teks promosi pariwisata indonesia yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Data penelitian ini adalah teks promosi berupa teks lingusitik dan nonlinguistik. Data dianalisis dengan menggunakan metode padan dengan teknik padan pragmatik dan padan referensial. Analisis penelitian ini berfokus pada analisis bentuk, makna, fungsi, dan strategi teks promosi. Analisis didasarkan pada beberapa teori, yaitu teori maksim Grice untuk menentukan makna, teori fungsi oleh Searle, teori semiotika Barthes, dan teori strategi tekstual Van Leuween. Hasil analisis dari 9 buah data dari 9 daerah yang berbeda menunjukan bahwa untuk makna, teks promosi pariwisata cenderung melanggar maksim, khususnya maksim kuantitas. Untuk bentuk dan fungsi, pembuat teks cenderung menggunakan bentuk yang berbeda dari fungsinya. Bentuk yang paling dominan digunakan adalah bentuk deskriptif dengan fungsi direktif. Untuk strategi, pembuat teks menggunakan strategi linguistik dan nonlinguistik. Strategi linguistik yang sering digunakan antara lain, pengedepanan, identifikasi, kategorisasi, pasivisasi, disfemisme, atributif, dan abstraksi, sedangkan untuk strategi nonlingusitik, pembuat teks cenderung menggunakan gambar-gambar yang berbeda dengan deskripsi teks. Kata Kunci: teks, promosi, pariwisata, semiotika
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | ms Meiriza Paramita |
Date Deposited: | 13 Aug 2016 04:30 |
Last Modified: | 13 Aug 2016 04:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14758 |
Actions (login required)
View Item |