STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN GARAM DAPUR (NaCl) DENGAN MELALUI UJI CBR DI LABORATORIUM (Studi Kasus : Tanah Lempung di Belakang Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Andalas )

ALFRED, ANANDO (2013) STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN GARAM DAPUR (NaCl) DENGAN MELALUI UJI CBR DI LABORATORIUM (Studi Kasus : Tanah Lempung di Belakang Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Andalas ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
10082016 ALFRED ANANDO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang tanah lempung sudah banyak dilakukan, akan tetapi penelitian yang bersifat luas dalam usaha perbaikan sifat kembang susut dengan bahan tambah yang dikaitkan dengan pengukuran tekanan pengembangan secara langsung belum banyak dilakukan. Dalam penelitian ini dilakukan usaha stabilisasi kimiawi pada tanah lempung dengan penambahan garam dapur (NaCl) sebagai bahan stabilisasi untuk mengurangi tekanan pengembangan lempung dengan variasi campuran 0%, 4%, 8%, 12% dan 16% dan tanah yang digunakan adalah tanah lempung yang berada di belakang Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Andalas. Pengujian utama yang dilakukan adalah pengujian CBR (California Bearing Ratio) yang dilakukan di Laboratorium Mekanika Tanah Fakultas Teknik Universitas Andalas. Berdasarkan hasil pengujian, menunjukan bahwa penambahan bahan stabilisasi garam (NaCl), dapat meningkatkan nilai CBR tanah asli dan dapat menekan nilai swelling tanah asli, baik dalam keadaan rendaman atau tanpa rendaman. Nilai CBR unsoaked dan soaked didapatkan sama pada penambahan bahan stabilisasi garam sebesar 12 % dan 16 % yaitu 12,25 % dalam keadaan unsoaked dan 7,79 dalam keadaan soaked dan menekan nilai swelling tanah asli sebesar 2,38% menjadi 1,38 % pada penambahan variasi campuran garam (NaCl) sebesar 16% Kata Kunci : Stabilisasi, Tanah Lempung, Garam Dapur (NaCl), CBR, Swelling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 10 Aug 2016 09:26
Last Modified: 10 Aug 2016 09:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14608

Actions (login required)

View Item View Item