AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN NAGARI (STUDI KASUS : PEMERINTAHAN NAGARI DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN ANGGARAN 2015)

HENI, EMALIA YULISTIANA (2016) AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN NAGARI (STUDI KASUS : PEMERINTAHAN NAGARI DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN ANGGARAN 2015). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
Bab V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text (TESIS UTUH)
Tesis Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN NAGARI (STUDI KASUS : PEMERINTAHAN NAGARI DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN ANGGARAN 2015) Oleh: HENI EMALIA YULISTIANA 1420532040 Master Science (M.Si) dalam Bidang Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Dibawah bimbingan: Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.Sc dan Drs. Masrizal, M.Soc.Sc ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan akuntabilitas pengelolaan keuangan Nagari terkait dengan keluarnya Undang-undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Pelaksananya. Penelitian ini dilakukan karena Tim Pelaksana keuangan Nagari dalam menyelenggarakan administrasi keuangannya belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus sehingga dipilih dua Nagari yaitu, Nagari Sungai Asam dan Nagari Sikucur. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sebagai informan terpilihnya adalah tim pelaksana keuangan Nagari dan pihak pengawasan pengelolaan keuangan Nagari. Penelitian dilakukan dengan wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan keuangan Nagari pada Pemerintahan Nagari di Kabupaten Padang Pariaman tahun anggaran 2015 belum sepenuhnya akuntabel. Ada Nagari yang akuntabilitas baik namun hanya pada tahap pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban saja. Bahkan ada Nagari yang akuntabilitas belum baik pada semua tahap pengelolaan keuangan Nagari. Agar terwujudnya akuntabilitas pengelolaan keuangan Nagari, maka Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengelola keuangan Nagari, disamping itu Pemerintah Daerah, Kecamatan dan Bamus Nagari perlu menginsentifkan pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan Nagari. Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan Nagari, Partisipasi, Akuntabilitasi dan Transparansi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 09 Aug 2016 04:36
Last Modified: 09 Aug 2016 04:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14531

Actions (login required)

View Item View Item